Taman Wisata Muara Indah Terus Di Matangkan

113

KOTAAGUNG – Dinas Parwisata Kabupaten Tanggamus mengaku dalam rangka persiapan pengelolaan Wisata Muara Indah saat ini telah dibentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Muara Indah sebagai kelompok binaan Dispar. Hal ini dilakukan nantinya Pokdarwis yang menangagi masalah kebersihan dan keamanan. Menurut Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Marhasan Samba mendampingi Kepala Dispar Hj. Retno Noviana Damayanti mengatakan,

saat ini Wisata Muara Indah sudah terhitung matang dalam persiapannya. kedepan pengelolaan wisata Pantai Muara Indah tersebut, Dispar akan berkaloborasi bersama pihak Pokdarwis yang telah diberikan pelatihan-pelatihan tentang kepariwisataan.“Saat ini Pokdarwis muara indah telah terbentuk dan mereka juga telah bekerja menjaga kenyamanan pengunjung, dengan memperhatikan kebersihan, keamanan dan juga keindahan wisata tersebut, walaupun belum

ada tarif masuk lokasi wisata,” katanya. Marhasan Samba menerangkan, saat ini belum ada serah terima aset fisik wisata Pantai Muara Indah dari Pusat ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Sehingga pengelolaan belum bisa dilaksanakan Pemkab dalam hal ini Dispar Tanggamus, diperkirakan pertengahan tahun 2018 ini, serah terima aset dari Pusat.“Pembangunan fisik lokasi wisata pantai muara indah, pusat dan Pemerintah Provinsi yang melaksanakannya. Jadi harus ada serah terima aset dahulu, baru kita dapat mengelola secara utuh, namun kita telah mematangkan semuanya, agar saat kita mengelola tidak ada kendala lagi, ” terangnya.

Kemudian ada beberapa fasilitas fisik sarana prasarana lokasi wisata Muara Indah yang akan dibangun melalui anggaran Pemkab tahun ini. Seperti pagar lokasi wisata, agar orang tidak bisa keluar masuk, tanpa melalui gerbang utama, karena nantinya akan diberlakukan sistem ticketing, untuk pendapatan daerah.

“Ya dong harus kita pagar keliling, jadi orang tidak bisa masuk tanpa melalui loket ticketing, lokasi inikan milik Pemkab, tentu ada harapan pendapatan asli daerah disana. Kemudian juga akan dibangun loket jaga dan beberapa fasilitas penunjang lainnya, dan proyek besarnya nanti adalah pembangunan patung lumba-lumba setinggi 13 meter,” ujar Marhasan Samba.

Marhasan Samba menambahkan, dilokasi wisata pantai Muara Indah ini, juga terintegrasi dengan program dari Dinas Perikanan Tanggamus. Yakni Dinas Perikanan menggulirkan program wisata Kuliner berbahan dasar hasil laut, yang memang salah satu unggulan Kabupaten ini.

“Jadi di lokasi wisata muara indah ini nantinya, ada lokasi seperti aula khusus kuliner dari hasil laut, tekhnisnya dinas perikanan yang melaksanakan. Dan juga kita harapkan nanti ada juga lapak lapak usaha kecil menengah ekonomi kreatif, seperti kerajinan souvenir,” imbuhnya.

Marhasan Samba berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat Tanggamus, khususnya lagi warga Kota Agung. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung yang datang ke wisata tersebut.

“Karena dengan adanya destinasi wisata pantai Muara Indah ini, dampaknya sangat besar bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat. Sebenarnya untuk kenyamanan dan keamanan kami juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan TNI,” pungkasnya. (zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here