Sekda Minta Pers Terus Kawal Pembangunan Tanggamus HUT Ke 1 AWPI di Tanggamus Berlangsung Semarak

208

KOTAAGUNG — Insan Pers turut berperan dalam pembangunan yang ada di Kabupaten Tanggamus, sebab Pers menjalankan fungsinya selaku kontrol sosial dan penyampai informasi mengenai perkembangan pembangunan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Tanggamus Hi. Andi Wijaya, S.T,. M.M saat menyampaikan sambutan dalam acara peringatan hari ulang tahun (HUT) Ke 1 Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AWPI Tanggamus, Kamis (12/4) di Sekretariat DPC AWPI kompleks perkantoran Pemkab Tanggamus.

Dilanjutkan sekda, bahwa banyak program yang telah diagendakan Pemkab Tanggamus, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik itu dibidang pendidikan, kesehatan, serta program pembangunana infrastruktur. Program tersebut tentunya membutuhkan hubungan yang baik antara pemerintah selaku fasilitator dengan insan pers.

” Oleh karena itu saya sangat mengharapkan kepada seluruh insan pers yang ada didaerah ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat terhadap program-program, melalui pemberitaan yang implementasinya program pembangunan,” kata Andi.

Dalam kesempatan tersebut, Andi juga meminta kepada insan pers di Tanggamus untuk menyampaikan pemberitaan yang berimbang.” Saya berharap rekan-rekan pers lebih profesional dan berimbang dalam menyampikan pemberitaan kepada seluruh masyarakat,”ujar sekda.

Ia juga mengapresiasi DPC AWPI Tanggamus, kendati baru terbentuk namun sudah melakukan sejumlah gebrakan seperti melakukan bersih-bersih pantai dan melakukan sosialisasi dalam menangkal berita hoax.

“Apa yang dilakukan oleh rekan-rekan AWPI ini patut diapresiasi, maju terus AWPI, semoga semakin jaya,” kata Andi.

Sementara itu  Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung, Hengki Ahmad Jazuli mengatakan kemerdekaan pers harus dihormati oleh semua pihak sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Pasal 28 UUD 1945 tentang kemerdekaan mengeluarkan pikiran baik secara lisan dan tulisan.Pers juga lanjutnya dituntut harus profesional dan terbuka dan diawasi oleh masyarakat serta oleh kode etik jurnalistik serta UU Pers.

“Saya meminta kepada, wartawan khususnya yang bernaung di dala AWPI, baik di Tanggamus dan Provinsi Lampung. Dalam bekerja memiliki integritas karena wartawan adala profesi yang mulia, dalam bekerja harus menjunjung kode etik jurnalistik, undang undang jurnalis dan UU Pers 1999, bebas tetapi harus bertanggung jawab terhadap apa yang ditulis,”pesannya.

Masih ditempat yang sama, Ketua DPC AWPI Tanggamus Imron Tara melalui Ketua Pelaksana kegiatan, Deni Ramdo menyampaikan bahwa dalam rangka peringatan HUT Ke 1 AWPI, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan seperti lomba kolongan Merpati yang tujuannya untuk memperatkan hubungan kepada masyarakat, lalu bersih-bersih pantai yang juga ikut andil dalam program yang digaungkan Pemkab Tanggamus, serta memberikan santunan kepada anak yatim.

“Kendati baru satu tahun, AWPI telah menunjukan keinginanannya untuk ikut berbuat demi kebaikan Kabupaten Tanggamus, kita harapkan insan pers terus dapat berbuat dan mengawal pembangunan sehingga apa yang menjadi keinginan kita bersama dapat tercapai,” ujar Deni.

Acara peringatan HUT Ke AWPI Tanggamus tersebut berlangsung dengan khidmat, sejumlah pejabat hadir diantaranya Sekda Tanggamus Hi.Andi Wijaya,S.T,M.M, Kepala Diskominfosandi Drs.Sabaruddin berikut sejumlah kepala OPD, Forkopimda, Ketua Apdesi Tanggamus Munziri, organisasi pers, seperti Dewan Penasihat PWI Tanggamus Hi.Sanusi, Sekretaris PWI Wanda Sunarya, Ketua dan Sekjend KWRI, PWRI, Ketua IWO Odok Kuswantoro dan Ketua Ormas Pematang.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here