Pekon Sri Rahayu Segera Bangun Rabat Beton

384

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Sri Rahayu Kecamatan Banyumas akan melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur melalui program bantuan dana desa tahun 2018. Pembangunan tersebut meliputi pembangunan rabat beton, SPAM, drainase, gorong-gorong dan paving block.

Kepala Pekon Sri Rahayu Suryono mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) bantuan dana desa tahun 2018 digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang merata di setiap dusun. “Kami hanya ingin menyalurkan keinginan masyarakat saat musrenbang,” pungkasnya, kemarin.

Dirinya pun merinci rencana pembangunan tersebut, diantaranya : pembangunan jalan rabat beton sepanjang 112,20 meter dusun 1 dan 2, pembangunan SPAM 1 unit dusun 1, drainase dusun 1 dan 2, gorong-gorong 1 unit dusun 2, paving block panjang 110 meter dusun 1 dan pembangunan gedung posyandu di dusun 1.

Disamping kegiatan pembangunan infrastruktur, Suryono mengatakan dana desa tahun 2018 juga akan digunakan untuk kegiatan pemberdayaan dan pembinaan. Seperti, pelatihan peningkatan kapasitas lembaga pencak silat, peningkatkan kapasitas kader posyandu, pelatihan karang taruna, pelatihan aparatur pekon dan pelatihan linmas.

Terkait bantuan dana desa tahun 2017 Suryono mengatakan mendapatkan bantuan dana desa sebesar Rp. 760 juta. Dana tersebut telah dipergunakan untuk pembangunan sumur bor sebanyak 4 titik yang berlokasi di dusun 1 dan 2.

Dilanjutkannya, pembangunan sumur bor tersebut berlokasi di masjid dan mushola, namun sumur bor tersebut berlaku untuk semua masyarakat. “Jadi warga yang ingin memanfaatkan sumur bor tersebut bisa mengambilnya, intinya sumur itu untuk kepentingan umum,” katanya.

Suryono melanjutkan, dana tersebut juga digunakan untuk pembangunan rabat beton sepanjang 470 meter di dusun 1 dan pembangunan sepanjang drainase 215 meter dusun 1. Kemudian pelatihan peningkatan kapasitas aparat pekon.

Disamping kegiatan pembangunan infrastruktur dana tersebut juga dipergunakan untuk kegiatan pelatihan dan pembinaan. Meliputi pembinaan kamtibmas, kesenian dan sosial budaya, pemuda dan olahraga, pelatihan budidaya ikan air tawar, pemanfaatan sanitasi bagi masyarakat dan penyertaan modal BUMDES dibidang simpan pinjam.

Menurutnya, dengan adanya bantuan dana desa dapat menunjang percepatan pembangunan di pekon setempat. Ia berharap, program dana desa dapat terus digulirkan untuk mendorong kemajuan di Pekon Sri Rahayu.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here