Wayang Kulit Meriahkan Ulang Tahun Pekon

536

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Nusawungu Kecamatan Banyumas memperingati hari ulang tahun (HUT) pekon ke – 67 dengan berbagai macam kegiatan. Seperti kegiatan wayang kulit semalam suntuk dan berbagai macam lomba, diantaranya lomba futsal antar RT, lomba senam ibu-ibu posyandu, dan lomba bola volli antar RT.

Kepala Pekon Nusawungu Joko Supriyono mengatakan HUT pekon juga diisi dengan doa bersama yang di laksanakan bersamaan dengan kenduri pekon yang diikuti oleh seluruh masyarakat. Kenduri pekon dan doa bersama dilakukan untuk meminta keselamatan dan keberkahan bagi masyarakat setempat.

Dia menyebutkan untuk lomba dilakukan pada siang hari. Kemudian sore harinya digelar hiburan rakyat yakni tarian kuda lumping. Pagelaran wayang kulit digelar pukul 21.30 WIB dengan lakon Pandowo Mbangun Bangsal Probo Suwoso dengan Ki dalang Bambang Pringgo Saksono dari Kecamatan Adiluwih.

“Tujuan digelarnya hari ulang tahun (HUT) pekon ini adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang sejarah perjuangan pendahulu. Kami tentu berterimakasih atas perjuangan pendahulu kami, dan perayaan ini merupakan ucapan rasa syukur kepada Allah swt,” jelasnya, kemarin.

Pada pagelaran wayang kulit semalam suntuk, dihadiri Camat Banyumas, Moudi Ari Nazolla, para tokoh masyarakat, kepala pekon dan seribuan warga setempat. Dalam kesempatan itu Joko Supriyono menyerahkan tokoh wayang kepada Ki DalangĀ  Bambang Pringgo Saksono, sebagai tanda di mulainya pagelaran wayang kulit tersebut.

Camat Banyumas, Moudi Ari Nazolla, menyambut baik dengan kegiatan HUT pekon tersebut. Menurutnya apabila kegiatan ini bisa menambah positif silahkan dilaksanakan. Dia juga berharap, pekon-pekon lain bisa mencontoh inovasi yang dilakukan Pekon Nusawungu.

Disamping itu dirinya mengingatkan jajaran aparat pekon dan aparatur sipil negara (ASN) di wilayahnya untuk menjaga netralitas menjelang pemilihan Gubernur Lampung yang akan digelar pada tahun ini. “Netralitas dalam tahapan pemilihan Gubernur Lampung harus dijaga oleh kepala pekon beserta aparaturnya dan juga para aparatur sipil negara (ASN) yang berada di wilayah Kecamatan Banyumas,” pungkasnya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here