Sebelum Agustus Targetkan Tiga Puskesmas Terakreditasi

622
ilustrasi

KOTAAGUNG – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus menargetkan tiga puskesmas disurvei dan terakreditasi oleh lembaga yang telah ditunjuk Kemenkes sebelum bulan Agustus 2018.

Kepala Diskes Tanggamus Sukisno melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Basri, mengatakan tiga puskesmas yang ditargetkan tersebut yakni Puskesmas Siring Betik Kecamatan Wonosobo, Puskesmas Sukaraja, Kecamatan Semaka serta Puskesmas Pasar Simpang, Kecamatan Kotaagung Timur. Ketiga Puskesmas tersebut layak didahulukan untuk disurvei karena melihat progres dan penyusunan dokumen sudah mulai bagus.

“Sekarang masih dalam tahapan proses penyusunan pendamping, ini merupakan proses paling panjang dan membutuhkan waktu sekitar tiga dan empat bulan,”kata Basri, kemarin (11/4).

Masih menurutnya, langkah yang dilakukan sebelum di survei Diskes Tanggamus saat ini melakukan pemahaman standar penilaian, lalu langkah selanjutnya akan dilakukan pra survei melibatkan tim dari Provinsi hal ini bertujuan agar segala kekurangan dapat dilengkapi, lalu tahapan selanjutnya yakni survey yang dilakukan oleh tim dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

“Jadi sebelum survei dilakukan oleh pusat, kita lebih dahulu melakukan persiapan, sehingga segala persyaratan akreditasi dapat di penuhi dan tidak ada kekurangan,”ujarnya.

Masih menurutnya, untuk Kabupaten Tanggamus sejatinya ada 11 Puskesmas lagi yang rencananya akan diakreditasi, setelah sebelumnya 12 Puskesmas telah terakreditasi, 11 Puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Way Nipah,  Puskesmas Sukaraja, Puksesmas Siring Betik, Puskesmas Bandarnegeri Semuong, Puskesmas Negarabatin, Kotaagung Barat, Puskesmas Pasar Simpang, Kecamatan Kotaagung Timur, Puskesmas Kedaloman Gunung Alip, Puskesmas Antarbrak Limau, Puskesmas Putih Doh Cukuh Balak, Puskesmas Kelumbayan Barat, serta Puskesmas Kelumbayan Induk.

“Sebelumnya 12 Puskesmas telah terakreditasi, lalu pada tahun ini 11 Puskesmas kita rencanakan akan terakreditasi, dari 11 tersebut tiga diantaranya akan kita kebut agar supaya lebih dahulu bisa terakreditasi,”terangnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here