Pemkab Tanggamus Raih Penghargaan Terbaik I PPD Lampung 2018

725
SELAMAT : Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan Piala Terbaik I Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Lampung 2018 kepada Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin,M.T saat pelaksanaan Musrenbang Provinsi Lampung, kemarin (11/4). Foto: Diskominfo

BANDARLAMPUNG РKerja keras dan inovasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanggamus bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) berbuah manis. Berkat semua kerja cerdas, ikhlas, dan kerja keras Bappeda itu, akhirnya Kabupaten Tanggamus meraih Penghargaan Terbaik I Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Lampung 2018 dulunya penghargaan ini bernama  Pangripta yang diberikan setiap Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Lampung.

Piala penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin saat pelaksanaan Musrenbang Provinsi Lampung bertemakan Memantapkan Pertumbuhan yang Berkualitas, Berdaya Saing, dan Berkeadilan, Rabu (11/4) di Bandarlampung.

Selain Tanggamus, Terbaik II diraih Kabupaten Lampung Barat, dan Terbaik III diraih Kabupaten Lampung Selatan. Untuk OPD lingkup pemprov, Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik diberikan pada Dinas Ketahanan Pangan Lampung.

Kepala Bappeda Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega yang berkesempatan mendampingi Pj. Bupati Zainal Abidin melalui aplikasi chatting mengatakan ada beberapa poin penting yang disampaikan Mendagri dalam sambutannya.

“Bapak Mendagri tadi, dalam sambutannya menyampaikan, perencanaan pembangunan harus terencana dan terukur serta selaras dan seiring dengan program Pemerintah Pusat. Kemudian, harus sinkron dengan program pemerintah provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Hendra Wijaya mengutip sambutan mendagri.

Poin berikutnya, kata dia, pemerintahan era Presiden Joko Widodo terus memperkuat otonomi daerah. Terlebih Lampung merupakan provinsi yang sangat strategis. Kemudian, di dalam sebuah pemerintah daerah, bukan hanya ada bupati. Tetapi jyga ada TNI/POLRI, Kejaksaan, Pengadilan, dan pastinya DPRD kabupaten/kota.

“Untuk itu, satu kesatuan harus dibangun dalam sebuah lembaga pemerintah daerah bersama semua unsur tersebut. Pembentukan sinergi itu juga harus melibatkan perguruan tinggi, tokoh agama, tokoh masyarakat, bahkan media massa dan organisasi lembaga swadaya masyarakat,” ajak Tjahjo.

Sebagai Aparatur Sipil Negara, Mendagri Tjahjo menegaskan, ASN harus menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur Lampung maupun Pemilihan Bupati Tanggamus dan Lampung Utara.

Mendagri juga mempersilakan Penjabat Gubernur Lampung Didik Suprayitno untuk mengisi kekosongan tujuh kepala OPD, dengan mengajukan izin kepada Kemendagri. Agar program-program Pemprov Lampung berjalan dengan baik.

“Sebelum mengakhiri sambutan, Pak Tjahjo Kumolo juga kembali menegaskan bahwa kepala daerah harus memprioritaskan pembangunan dan pengembangan aspek pendidikan, kesehatan, sanitasi, perumahan/pemukiman, bahkan saluran air bersih,” beber Hendra Wijaya.

Saat pelaksanaan Musrenbang Provinsi Lampung, Staf Ahli Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Bidang Pembangunan Sektor Unggulan Bidang Infrastruktur, Bambang Priambodo memaparkan pertumbuhan ekonomi.

Turut hadir dalam Musrenbang Provinsi Lampung, Kapolda Lampung, Danrem 043/Garuda Hitam, Ketua DPRD Lampung, dan para Pimpinan Forkopimda Provinsi Lampung. (rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here