Pekon Enggal Rejo Bakal Bangun TPA

194

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Enggal Rejo Kecamatan Adiluwih akan membangun gedung Taman Pendidikan Alquran (TPA) melalui program bantuan dana desa tahun 2018. Selain itu, pemerintah pekon Enggal Rejo juga akan membangun jalan onderlagh untuk memudahkan akses transportasi masyarakat.

Kepala Pekon Enggal Rejo Katelan menjelaskan, rencana pembangunan tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) pekon beberapa waktu yang lalu. “Sesuai dengan hasil musrenbang, masyarakat menginginkan gedung TPA dan onderlagh,” katanya pada Radar Pringsewu, Selasa (10/4/2018).

Katelan menyebutkan, selama ini di pekon Enggal Rejo terdapat banyak anak anak TPA, namun tempat belajarnya masing kurang maksimal. “Untuk itu kami sebagai aparat pekon ingin mewujudkan kemajuan pekon dan keinginan masyarakat dengan membangun apa yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Terkait pembangunan jalan onderlagh, Katelan mengaku ingin memudahkan akses transportasi masyarakat dalam mengangkut hasil bumi. “Pembangunan onderlagh akan berlokasi di dusun 1, 2 dan 3 dengan tipe 1 panjang 560 meter dan lebar 3 meter, tipe 2 panjang 318 meter dan lebar 2,5 meter,” pungkasnya.

Disamping pembangunan infrastruktur, Katelan merencanakan kegiatan pemberdayaan dan pembinaan. Seperti pelatihan kepala pekon dan perangkat, pelatihan kelompok tani, permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), pelatihan kader pemberdayaan masyarakat pekon, pelatihan kelompok ekonomi produktif dan pelatihan akses pelayanan sosial dasar.

Terkait dengan bantuan dana desa tahun 2017, Katelan menjelaskan bahwa dana tersebut telah dipergunakan untuk pembangunan saluran drainase sepanjang 2.000 meter di dusun 1, 2 dan 3. Tujuan pembangunan drainase adalah untuk mencegah banjir saat musim hujan terjadi, pasalnya pekon tersebut kerap kali dilanda banjir.

Dia melanjutkan, disamping pembangunan infrastruktur juga dilakukan kegiatan pemberdayaan dan pembinaan. Seperti, pelatihan kepala pekon dan aparat pekon, pelatihan pengurus BUMdes, pelatihan siskaudes, pelatihan komputer bagi aparat pekon, pelatihan kelembagaan BHP serta LPM, pelatihan RT, pelatihan linmas dan program STBM.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here