Harga Kakao di Tanggamus Tembus Rp 33 Ribu Per Kilogram

142
BERANJAK NAIK: Harga Kakao di Kabupaten Tanggamus naik menjadi Rp 33 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram.(Foto Arka)

KOTAAGUNG – Harga kakao di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, kini mencapai Rp 33 ribu per kilogram, naik dari harga sebelumnya yang bertahan di kisaran harga Rp25 ribu per kilogram.

“Saya baru saja selesai menjual kakao di salah satu pembeli hasil bumi di Tanggamus,” kata Jonny, seorang petani di Kecamatan Kotaagung, Minggu, (8/4).

Ia mengatakan harga kakao sebelumnya sempat bertahan pada posisi Rp 25 ribu per kilogram.Tetapi pada bulan ini, harga komoditas ekspor tersebut kembali naik. Pedagang pengumpul Tanggamus rata-rata membeli kakao kering dengan harga Rp 33 ribu per kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga sangat menguntungkan para petani yang selama ini bergantung kepada hasil kebun kakao. Namun, pada saat harga terus membaik, produksi buah kakao sangat kurang karena curah hujang tinggi yang mengakibatkan bunga kakao gugur sebelum menjadi buah.

Dia mengaku buah kakao pada penen kali ini tidak sebanyak panen tahun-tahun sebelumnya.”Saya sendiri pada panen lalu bisa sekali panen sampai satu karung. Tapi panen kali ini hanya setengah karung saja,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan Linda. Petani lainnya, Linda mengaku hasil panen kakao menurun dibanding sebelumnya. Dimana, pada panen lalu bisa sampai tiga karung besar, tetapi sekarang ini hanya satu karung.”Memang banyak buah kakao yang tidak jadi atau gugur,”pungkasnya.(ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here