Buat Badan Jalan Pakai DD

326
ilustrasi

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Sinar Mulya Kecamatan Banyumas akan pergunakan bantuan dana desa tahun 2018 untuk kegiatan pembuatan badan jalan baru. Jalan tersebut nantinya akan menggabungkan Pekon Sinar Mulya dan Pekon Fajar Baru.

Kepala Pekon Sinar Mulya Odih Warsono menjelaskan mendapatkan bantuan dana desa sebesar Rp. 744 juta. Menurutnya bantuan tersebut akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur maupun kegiatan pemberdayaan dan pelatihan.

“Hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) pekon beberapa waktu lalu. Masyarakat meminta adanya pembangunan jalan penghubung antar Pekon Sinar Mulya dan Pekon Fajar Baru Kecamatan Pagelaran Utara,” ujar Odih Warsono, Minggu.

Odih Warsono menjelaskan, nantinya jalan sepanjang 2,5 km tersebut akan dibangun talud penahan tanah (TPT) dan gorong-gorong. “Disamping itu DD 2018 diwacanakan digunakan untuk buat atap GOR Pekon, rehab gedung pendidikan anak usia dini (PAUD), gapura makam dan pembangunan jalan onderlagh sepanjang 500 meter dusun 1 dan 2.

Terkait dengan bantuan dana desa tahun 2017 Odih Warsono mendapatkan Rp. 780 juta. Dana tersebut telah dipergunakan untuk pembangunan berbagai infrastruktur seperti pembangunan jalan onderlagh sepanjang 1.554 meter yang tersebar merata 3 dusun.

Selain itu, lanjutnya, untuk bantuan dana desa (DD) tahap pertama juga digunakan untuk pembangunan sarana sanitasi air bersih, permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pembangunan pagar jembatan dusun 2, pembangunan jaringan wifi di kantor pekon, pemberdayaan kapasitas kader posyandu dan PKK.

Kemudian, dana desa tahap kedua dipergunakan untuk pembangunan saluran drainase dusun 1, 2 dan 3, pembangunan talud penahan tanah (TPT) di dusun 3, pembangunan gorong-gorong plat beton 4 titik di di dusun 1,2 dan 3 dan pembangunan jembatan Tarsak di dusun 3.

Menurutnya, dengan adanya bantuan dana desa dapat menunjang percepatan pembangunan di pekon setempat. Ia berharap, program dana desa dapat terus digulirkan untuk mendorong kemajuan di Pekon Sinar Mulya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here