Jalan Penghubung 4 Pekon Kondisinya Memprihatinkan

83
ilustrasi

WONOSOBO – Kondisi ruas jalan lintas antar pekon yang menghubungkan Pekon Kalirejo, Dadimulyo, Kalisari dan Banjarnegara Kecamatan Wonosobo, memprihatinkan. Dimana, jalan sepanjang 1.500 meter tersebut sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Akibatnya, mobilitas warga menjadi terganggu.

Parman (43), salah seorang warga Pekon Kalirejo mengatakan, kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung cukup lama, namun hingga kini belum juga dilakukan perbaikan oleh pemerintah. Akibatnya, kerusakan jalan semakin parah.

“Padahal sebelumnya jalan tersebut berupa jalan latasir, karena tidak pernah dilakukan perawatan dan peningkatan membuat kerusakan jalan tersebut bertambah parah,” ujarnya.

Saat ini kata dia, jalan tersebut hanya tersisa berupa onderlagh. Kondisinya pun sudah rusak parah. Yang mana, bebatuan jalan sudah banyak yang terkelupas dari badan jalan, sehingga menyebabkan jalan berlubang.

“Jalan yang berlubang ini jika diguyur hujan jadi genangan air, sehingga membuat kami kesulitan saat melintasinya, ” ungkapnya.

Padahal, lanjut dia, jalan tersebut merupakan akses utama warga untuk keluar masuk perkampungan. Selain itu, jalan ini juga digunakan untuk menuju areal pendidikan.”Kami berharap agar pemerintah dapat melakukan peningkatan terhadap jalan ini,” ungkap Parman.

Senada dikatakan warga lainnya, Sardi. Menurutnya, jalan tersebut merupakan akses perekonomian warga. Dan melalui jalan inilah petani mengeluarkan hasil bumi. Dengan kerusakan ini kata dia, tentunya dapat membuat proses pengangkutan hasil bumi menjadi terganggu.”Ya, jelas terganggu karena kondisi jalannya rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Kalirejo Suwarko mengaku, sudah menyampaikan kondisi jalan tersebut ke pihak kecamatan maupun dinas terkait, yakni dengan mengajukan proposal. Namun hingga kini peningkatan jalan tersebut belum juga dilakukan.

“Setiap Musrenbang ditingkat kecamatan saya selalu mengusulkan peningkatan jalan itu, bahkan saya juga sudah mengajukan proposal langsung ke dinas terkait. Tapi sampai saat ini belum juga direalisasikan. Untuk itu, saya berharap agar Pemkab Tanggamus dapat segera merealisasikan pembangunan jalan ini, karena jalan ini merupakan akses vital bagi warga,” tukasnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here