Tekan Narkoba, BNNK Terapkan Tiga Variabel

459

KOTAAGUNG-Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanggamus, menaruh perhatian besar, kepada Instansi pemerintah, Lingkup Pendidikan dan masyarakat agar dapat menumbuhkan kemandirian tentang bahaya narkoba. Hal itu ditekankan BNNK Tanggamus melalui berbagai macam kegiatan serta pertemuan.

Kepala BNNK Tanggamus Kolbidi melalui Kasi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat Iswandi menyampaikan, jika kemandirian sudah terbangun hal itu menunjukan bahwa masyarakat sudah mulai sadar tentang dampak dari bahaya narkoba, dan membantu tugas dari BNNK untuk meneruskan informasi kepada keluarga maupun masyarakat yang ada disekitarnya, hal itu karena persoalan narkoba yang saat ini menjadi musuh utama, tidak hanya tugas dari BNNK, Kepolisian atau instansi yang terkait lainnya saja, melainkan membutuhkan peran serta dan upaya nyata dari masyarakat yang peka dan peduli terhadap keselamatan generasi penerus bangsa.

“Untuk menekan angka penyalahgunaan narkotika khususnya di Kabupaten Tanggamus ini, BNN Pusat mengharapkan instansi pemerintah, pihak sekolah dan lainnya dapat menerapkan tiga variabel, yakni membuat sebuah kebijakan yang berkenaan dengan bahaya narkoba, kemudian adanya kegiatan yang menyangkut P4GN, lalu ada relawan dan penggiat anti narkoba, dan tiga variabel itu bukan BNN yang membentuk akan tetapi kemandiran dan kesadaran itu tadi,”kata Iswandi, belum lama ini.

Masih menurut Iswandi jika tiga variabel tersebut, dapat diimpelementasikan oleh pihak sekolah, instansi pemerintah hingga ditingkat pekon maka secara perlahan upaya untuk menekan bahaya narkoba dapat bisa dicegah, maka dari itu lanjutnya belum lama ini BNNK Tanggamus telah melakukan kegiatan advokasi pembangunan berwawasan anti narkoba yang melibatkan 30 perwakilan kepala sekolah, ditingkat SMP, SMA dan SMK yang ada di Kecamatan Pugung, Talang Padang, Gunung Alip, Sumberejo, Gisting dan Kotaagung.

“Meskipun tidak semua sekolah di tiap kecamatan yang datang pada saat itu, akan tetapi melalui perwakilannya kita harapkan gaung dan sosialisasi tentang bahaya narkoba itu dapat mereka sampaikan kepada sekolah yang lainnya, juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan mewakili Kepala Dinas, dan beliau sangat memberikan respon dan apresiasi kegiatan tersebut,”ujarnya.

Meskipun, telah dilakukan kegiatan tersebut lanjutnya BNNK Tanggamus dalam hal ini tidak lepas tangan, untuk itu lanjutnya BNNK akan melakukan evaluasi ke sekolah-sekolah dan salah satu inti dari evaluasi tersebut yakni menghimbau pihak sekolah agar menerapkan tiga variabel, yang diintruksikan oleh BNN Pusat.

“Ketua MKKS SMA, SMK serta SMP juga kemarin hadir, karena kunci informasi yang diharapkan oleh BNNK ini sampai kepada sekolah, ada di MKKS sehingga informasi tersebut sampai kepada MKKS ditiap kecamatan dan diteruskan kepada kepala sekolah, selaku penentu kebijakan, karena kalau kita tidak gencar melakukan kegiatan maupun menelurkan terobosan dan ide-ide maka penyalahgunaan narkoba akan semakin merajalela utamanya dikalangan pelajar,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here