Ketua DPRD : Kepala OPD Harus Bisa Jabarkan Visi Bupati

97
Ketua DPRD Kabupaten Peringsewu Hi. Ilyasa

PRINGSEWU – Para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Peringsewu jangan hanya berpangku tangan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Untuk itu, kepala OPD harus bisa menjabarkan visi – misi Bupati dan Wakil Bupati guna memajukan kabupaten yang berjuluk Bumi Jejama Secancanan itu.

“Jadi kepala OPD harus bisa menjabarkan visi – misi Bupati. Jangan hanya diam saja, kalau tidak bisa menterjemahkan visi – misi Bupati bagaimana Kabupaten Peringsewu bisa maju,” tegas Ketua DPRD Kabupaten Peringsewu Hi. Ilyasa, usai memimpin rapat paripurna peringatan HUT ke 9 Kabupaten Peringsewu, Senin (2/4).

Sementara, terkait berbagai rangkaian kegiatan peringatan HUT dilaksanakan oleh Pemkab Pringsewu yang menimbulkan pertanyaan sejumlah masyarakat dan dinilai tidak ada output untuk kesejahteraan warga. Bahkan, kegiatan Pringsewu  Expo yang  terkesan hanya dinikmati oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) saja. Menurutnya apa yang dilaksanakan Pemkab Pringsewu pihaknya dapat memakluminya mengingat hal tersebut merupakan pendapat masyarakat banyak.

“Namun, terkait maksud dari masyarakat kurang pas pastinya nanti akan kita evaluasi bersama untuk peringatan HUT ke 10 berikutnya. Bahasanya, menghambur – hamburan uang dan mungkin output nya tidak ada. Nah, tentunya itu akan kita koordinasikan dan bahas sebagai masukan bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ilyasa menyatakan, bahwa masukan dari masyarakat adalah hal penting bagi kemajuan suatu wilayah atau daerah. Hal tersebut tentunya perlu ditindaklanjuti dan di realisasikan untuk ke arah lebih baik.

“Ya, masukan itu sangat penting, apalagi saya ini juga selain wakil rakyat saya juga merupakan bagian dari masyarakat yang ada di Kabupaten Peringsewu,” tuturnya.

Sementara, terkait dengan telah ditempatinya Gedung DPRD baru yang berlokasi komplek Perkantoran Pemkab  setempat, politisi PDIP Perjuangan ini juga mengingatkan kepada seluruh anggota DPRD setempat untuk meningkatkan kinerjanya.

“Ya dengan telah di tempatnya gedung baru ini, kita berharap internal DPRD harus lebih mengerti apa yang kemauan dan bisa memperjuangkan harapan masyarakat. Begitu juga dengan

eksekutif diharapkan lebih kompak dalam membangun lantaran membangun kabupaten Pringsewu tidak bisa dilakukan sendiri. Yakni juga dengan melibatkan eksekutif dan legislatif harus bekerja sama demi untuk kemajuan Kabupaten Peringsewu lebih baik,” imbuhnya.

Terpisah, Bupati Pringsewu Sujadi, mengatakan, terkait kunjungan 6 Duta Besar (Dubes) dari negara sahabat dirinya meminta seluruh OPD dapat menindaklanjuti dengan langkah kongkrit. Mengingat, ada beberapa Dubes, seperti Usbekistan, Kamboja, sangat memungkinkan dilakukan kerjasama untuk memajukan Kabupaten Peringsewu, mulai dari dunia pendidikan, pertukaran budaya, bidang pertanian dan ekonomi.

“Semua harus menjalankannya sesuai OPD-nya,  melalui melalui kementerian luar negeri dan juga melibatkan OPD provinsi karena kita tidak bisa terlepas dari itu. Jadi semua harus siap pintu sudah dibuka ditindaklanjuti dengan MoU- masing – masing OPD,” ungkap Sujadi. (nzr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here