Warga Tulungasahan Harapkan Pembronjongan Tanggul Way Semaka

321

SEMAKA – Warga Pekon Tulungasahan, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus terutama warga yang memiliki lahan perswahant di sepanjang pinggiran sungai Way Semaka mengharapkan pembangunan bronjong.

Harapan ini disampaikan Sukarjono seorang warga setempat.  Menurutnya, saat ini jarak lahan persawahan dan pemukiman warga dengan sungai sudah begitu dekat sehingga meresahkan  warga yang bermukim.” Apalagi pada musim penghujan kami terus merasa was-was,” katanya.

Ia menjelaskan, lokasi ini setiap musim hujan sering tergerus oleh arus sungai akibatnya makin lama makin dekat dengan sawah dan pemukiman warga.

“Sebagian sawah warga sudah berada di bibir sungai, makanya kita sangat mengharapkan adanya pembuatan beronjong,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Wahyu. Dia mengatakan, usulan pembuatan beronjong sudah sering disampaikan warga untuk menyelamatkan lahan persawahan mereka dari ancaman terjangan arus sungai.

“Jika kita perhatikan pembuatan beronjong sangat mendesak, karena apabila terus dibiarkan sawah dan rumah nantinya bisa amblas. Untuk itu kami mengharapkan kepada anggota DPRD dan Pemkab untuk  semgera merealisasikan harapan kami,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Tulungasahan, Ahsan membenarkan, bahwa warga setempat sangat mengharapkan pembronjongan sungai waysemaka. Sebab, lahan persawahan dan pemukiman warga sudah semakin dekat.

“Lahan persawahan sudah dekat, bahkan beberapa waktu lalu lahan sawah warga sudah ada yang amblas akibat tergerus sungai,” ujarnya.

Untuk mendapatkan bantuan pembangunan tetrsebut, lanjut dia, pihaknya sudah berupaya mengajukan permohonan baik Pemkab Tanggamus maupun pemerintah Provinsi Lampung. Namun sampai saat ini belum ada  realisasinya.

“Sudah kita usulkan dan sekarang tinggal menunggu realisasinya. Kami berharap kepada pemerintah agar dapat segera mengabulkan permohonan tersebut,” pungkasnya.(ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here