KemenPAN-RB Panggil BKPSDM Tanggamus Terkait Rekrutmen CPNS

682
BAHAS REKRUTMENT CPNS: KemenPAN-RB RI dalam pekan ini memanggil BKPSDM Tanggamus untuk memvalidasi ajuan permintaan rekrutmen kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dari validasi ini nantinya ketahuan apakah Tanggamus akan mendapat kuota penerimaan CPNS.(Foto Rio Aldipo)

KOTAAGUNG — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanggamus dipanggil ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi ( KemenPAN-RB) untuk validasi ajuan permintaan rekrutmen kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala BKPSDM Tanggamus, Nur Indrati mengatakan, rapat tersebut berlangsung pada pekan depan selama dua hari. Rencananya di sana akan dilakukan validasi ulang data kebutuhan ASN. “Januari lalu kami sudah ajukan kebutuhan pegawai, dan besok akan rapat masalah itu untuk validasinya,” katanya, kemarin.

Ia menambahakan, belum bisa pastikan apakah Tanggamus dapat kuota CPNSD atau tidak tahun ini dari pertemuan nanti. Sebab pusat terus lakukan validasi data seluruh daerah terhadap kebutuhan pegawainya. “Untuk agenda pertemuan pastinya validasi, lalu nanti keputusan apa kami juga tidak tahu,”ujar Nur.

Dalam tahun ini lanjutnya BKPSDM Tanggamus mengusulkan kebutuhan 2.440 orang untuk kuota CPNSD. Permintaan tersebut sudah diserahkan ke pusat pada Januari lalu dan sampai sekarang tidak berubah. Usulan tersebut didasari jumlah pegawai yang pansiun pada tahun ini 159 pegawai, dan tahun lalu 149 pegawai, ditambah kebutuhan pegawai di atas 7.000-an orang.   Dari 2.440 orang tersebut, kebutuhannya didominasi formasi tenaga pendidik seperti guru kelas, guru olahraga, guru agama. Lalu tenaga kesehatan seperti untuk ahli gizi, tenaga puskesmas keliling, apoteker. Sisanya tenaga teknis teknik komputer,”terang Nur.

Kendati sudah mengusulkan namun tidak begitu saja kuota permintaan dikabulkan. Hal ini berdasarkan pengalaman masa-masa sebelumnya Tanggamus hanya diberi jatah puluhan orang saja. Untuk itu BKPSDM Tanggamus hanya menunggu perintah pusat saja, baik untuk persiapan, kuota dan lainnya. Apabila permintaan kebutuhan pegawai disetujui pusat, BKPSDM Tanggamus sudah siapkan segala hal untuk buka rekrutmen. Kesiapan utama soal anggaran yang sudah diplotkan Rp 1,2 miliar. Lalu untuk lokasi tes disiapkan satu tempat yakni kampus STIMIK/STEBI Pringsewu kampus Kota Agung.

“Tempat itu dipilih karena sarananya menunjang seperti perangkat komputer. Sebab tes CPNS akan menerapkan sistem computer assistent test (CAT). Dalam sistem ini peserta menggunakan komputer untuk mengerjakan soal tes, dan antara soal serta jawaban menggunakan sistem online. Sistem CAT pernah diterapkan Tanggamus pada rekrutmen CPNS tahun 2014 lalu, personel panitia, pegawai dari BKPSDM sudah siap sebagai panitia. Kemudian nanti juga melibatkan beberapa instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, kepolisian dan lainnya untuk menjunjang kelancaran pelaksanaan tes,”tandas Nur.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here