SDN 1 Padangmanis Ajak Siswa Jaga Kebersihan Lingkungan

136

WONOSOBO – Untuk mendukung program Adiwiyata, setiap sekolah terus berupaya meningkatkan kedisiplinan dan kebersihan terhadap lingkungan.

Seperti yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Padangmanis, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus. Pihak sekolah terus mengoptimalkan kedisiplinan dan kebersihan lingkungan dengan cara membiasakan siswa membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Kepala SDN 1 Padangmanis Ahmad Sam’un mengatakan, sejauh ini untuk tingkat kedisiplinan serta kebersihan merupakan hal paling diutamakan, oleh sebab itu pihaknya terus berusaha menjaga lingkungan.

“Kami sudah berupaya meningkatkan kedisiplinan dan kebersihan, salah satunya hal yang kecil yaitu membiasakan siswa membuang sampah pada tempatnya,” katanya.

Ia menyampaikan, bahwa untuk menerapkan disiplin terhadap siswa, pihaknya menerapkan sistem piket kelas, setiap siswa sudah pasti mendapat giliran untuk menjaga kebersihan. Tujuannya untuk menanamkan sikap disiplin serta peduli terhadap tempat tinggal mereka.

“Usaha yang kita lakukan ini bukan untuk memberatkan mereka. Namun, sebaliknya kami mempersiapkan anak didik menyambut pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, jika sudah dibiasakan dari sekarang kedepan mereka sudah terbiasa terhadap kebersihan lingkungan,” ujar Ahmad.

Selain melibatkan siswa dalam piket kelas kata dia, guru juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan yakni dengan memberikan arahan dan contoh kepada siswa. “Kalau kelas bersih, belajar juga nyaman. Jadi siswa maupun guru harus menjaga kebersihan kelas, juga lingkungan sekolah,”¬†tukasnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here