Budayakan Gemar Membaca Melalui Lapak Baca

1165

KOTAAGUNG — Menjadikan kegiatan membaca sebagai kegemaran terus digaungkan oleh Komunitas Relawan Literasi Tanggamus. Salah satu caranya dengan menggelar  lapak membaca dan meminjamkan buku secara gratis ditempat umum.

Menurut koordinator Relawan Literasi Tanggamus, Zonizar, lapak baca dan pinjam buku bacaan gratis, mereka gelar dalam rangka menggalakkan membaca dikalangan masyarakat khususnya dikalangan anak-anak usia dini.

Kemudian kegiatan tersebut juga murni inisiatif dari para relawan literasi Tanggamus dengan modal seadanya dan buku berasal dari sumbangan-sumbangan warga masyarakat yang peduli dengan dunia membaca.

“Untuk lokasi wisata pantai muara indah ini, kami biasanya buka lapak buku sore hari mulai pukul empat sore seringnya sabtu-minggu. Buku yang kami sediakan bermacam ragam dari cerita anak, kisah nabi, ilmu pengetahuan dan banyak lagi. Dan memang untuk buku bacaan anak lebih banyak,” katanya yang saat ditemui sedang membuka lapak membaca di areal Taman Wisata Pantai Muara Indah,  Kota Agung,  Minggu (25/3).

Ia menjelaskan, komunitas Relawan Literasi Tanggamus saat ini semakin berkembang dengan jumlah anggota yang sudah mencapai puluhan orang. Relawan sendiri sebagian besar membuka sarana rumah baca di wilayahnya masing-masing.

“Saat ini sudah ada relawan literasi di beberapa kecamatan, seperti di Kotaagung, Gisting, Air Naningan,  Cukuh Balak,  Klumbayan dan beberapa Kecamatan lainnya. Kami selalu berkoordinasi dalam mengembangkan dunia membaca, khususnya kepada anak-anak. Seperti membuka lapak buku di Pekon Pekon pelosok, donasi buku ke sekolah-sekolah dan terkadang kita gelar lomba membaca dan mendongeng, ” terang Zonizar.

Zonizar menambahkan, begeraknya relawan literasi Tanggamus tidak luput dari peran komunitas literasi Lampung, dibawah pimpinan ibu Enni Amaliah. Yang mana komunitas ini yang terus mensuport kegiatan terutama menyalurkan sumbangan buku kepada rumah-rumah baca yang ada di Tanggamus.

“Ya, tentunya kami juga sangat membutuhkan suport dari pemerintah daerah dan juga masyarakat yang peduli dengan membaca. Bantuan kepada kami bisa melalui sumbangan buku-buku bacaan yang masih layak, kami siap menerima. Mari kita peduli membaca buku, karena dengan membaca akan membuka jendela ilmu,” pungkasnya.(win/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here