Baru Tiga Pekon yang Serahkan APBDes

431
ilustrasi

KOTAAGUNG – Belum semua pekon di Tanggamus menyerahkan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) sebagai syarat dicairkannya dana desa (DD) tahap I tahun 2018, dari total keseluruhan 299 pekon, tercatat baru tiga pekon yang menyerahkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Idham Khalid melalui Kabid Kelembagaan dan Pekon Erlan Deni Saputra , mengatakan, tiga pekon yang sudah menyerahkan APBDes adalah Pekon Marga Mulya, Merbau dan Pekon Batu Patah, Kecamatan Kelumbayan. Nota dinas untuk ketiga pekon tersebut sudah di sampaikan ke Badan Pengelolaan  Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) pada tanggal 23 Maret lalu.

“Saat ini baru tiga pekon itu yang sudah menyerahkan APBDes, sedangkan pekon  lainnya baru serahkan laporan Pertanggungjawaban (LPj) untuk APBDes-nya belum,”kata Erlan, Senin (26/3).

Ia menambahkan, pekon yang telah serahkan LPj dan lengkap berjumlah 184 yang tersebar di 15 kecamatan, tetapi ada juga pekon yang belum lengkap LPj seperti di Kecamatan Air Naningan enam pekon, Kelumbayan Barat tiga pekon, Kotaagung empat pekon, Kotaagung Barat 16 pekon, Wonosobo 15 pekon, Kotaagung Timur 12 pekon dan Limau lima pekon.

“Total pekon yang kurang lengkap LPj berjumlah 49 pekon dari tujuh kecamatan. Untuk saat ini yang belum lengkap masih dalam tahap perbaikan oleh pekon dan diserahkan kembali ke kecamatan,”terang Erlan.

Adapun untuk kecamatan yang belum sama sekali serahkan LPj maupun APBDes berjumlah empat kecamatan diantaranya Kecamatan Bulok, Gunung Alip, Bandar Negeri Semuong serta Pugung, terkait hal tersebut, Dinas PMD dalam hal ini menyerahkan sepenuhnya kepada pekon dan juga kecamatan karena tidak ada aturan maupun sanksi jika ada keterlambatan penyampaian APBdes maupun LPj.

“Dari pusat juga tidak ada aturan atau sanksi, tetapi yang pasti jika terlambat penyampaian APBDes maupun LPj maka dana DD tidak bisa dicairkan, dan kita membuat nota dinas ditembuskan ke BPKAD bagi pekon yang benar-benar lengkap,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here