Orangtua Diharapkan Biasakan Anak Gemar Membaca

465
WAKIL Bupati Pringsewu Fauzi, saat memberikan sambutan pada pelatihan kader PAUD dan sosialisasi Gernas Baku, di Pendopo Peringsewu, Jumat (23/3). Foto: Nazirin

PRINGSEWU – Orangtua diharapkan aktif atau membiasakan diri gemar membaca buku kepada anaknya. Baik itu membacakan buku cerita ataupun pengetahuan umum kepada anak – anaknya diusia emas atau usia dini yang masih duduk di PAUD.

Hal tersebut diungkapkan Bunda  PAUD Kabupaten Pringsewu Ny. Hj. Nur Rohmah Sujadi, saat sosialisasi gerakan nasional Orangtua membaca buku (Gernas Baku). Yang diikuti oleh Bunda PAUD dari seluruh kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

“Selain memberikan pengetahuan pada anak, hal tersebut juga untuk mempererat hubungan batin antara orang tua dan anak,” kata Nur Rohmah, di pendopo Pringsewu, Jumat (23/3).

Mengingat, sambung Nur Rohmah, salah satu kunci menjadi pandai dan pintar itu dengan banyak membaca. Dengan demikian orangtua harus membiasakan membacakan buku-buku  pengetahuan dan cerita terhadap anak – anaknya.

Senada dikatkan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, bahwa pola orang tua membacakan buku kepada anak-anaknya harus disesuaikan dengab alur cerita dan jenis bukunya. Tujuanya, agar anak cepat menangkap dan memahami makna cerita yang dibacakan.

“Bila perlu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu bisa mendatangkan pakar dan ahlinya untuk memberikan materinya kepada para Bunda PAUD yang kemudian diteruskan kepada orang tua murid ,” imbau Fauzi.

Wabup berharap, pelatihan tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kader PAUD yang komprehensif dan terintegratif.

“Nah, kenapa kita harus mengundang pakar dalam hal membaca, hal ini dikarenakan saat membaca beda intonasi maka akan beda artinya pula,” jelasnya.

Lebih lanjut Fauzi mengatakan, bahwa dalam hal membaca juga terdapat tingkatan. Dimana salah satu tingkatan yang mengandung tingkat kesulitannya yakni membaca dan mengerti sastra. “Kalau membaca fiksi itu mudah, sehingga pada lomba baca nantinya, Kabupaten Pringsewu bisa menjadi percontohan untuk di Provinsi Lampung,” pungkasnya. (nzr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here