Kerusakan Rumdis: Akui Sulit Rehab Berat, Diskes Lakukan Secara Bertahap

106
RUMDIS RUSAK : Inilah salah satu rumdis pejabat Pemkab Tanggamus di Kotaagung yang rusak dan tidak terawat. Pemkab setempat mengakui jika tahun ini perbaikan rumdis ditunda sebab masih ada keperluan masyarakat yang lebih penting. Foto: Rio Aldipo

KOTAAGUNG — Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus akan berupaya untuk menganggarkan perbaikan rumah dinas (Rumdis) di samping Kantor Kelurahan Kuripan yang kondisinya rusak parah.

Kendati demikian, Diskes tidak bisa menjamin untuk realisasinya, sebab dana yang diusulkan sifatnya bukan untuk kepentingan masyarakat banyak atau belum memenuhi skala prioritas.

“Tapi apa salahnya kita coba usulkan di APBD Perubahan masalah rehab berat Rumdis itu. Meski harapan untuk terealisasi sangat tipis,”kata Sekretaris Diskes Tanggamus, Taufik Hidayat mewakili Kepala Diskes Sukisno.

Ditambahkan Taufik, sebelum mengalami kerusakan, rumdis itu sempat dipinjam pakai oleh Bappeda Tanggamus. Namun karena  yang menempati sudah pindah beberapa tahun lalu sehingga beberapa meterial bangunan ambruk. Seperti halnya pendopo dan tiang bangunan.

“Kalau dulu rumdis itu di pinjam Bappeda, tapi sekarang akan kita ambil alih lagi untuk kita perbaiki ulang,”terangnya.

Taufik melanjutkan, memang tidak bisa dipungkiri untuk memperbaiki seluruh bangunan yang sudah rusak itu harus dilakukan rehab berat, tapi anggaran rehab beratnya tidak ada. Paling nantinya secara bertahap diperbaiki dengan memanfaatkan dana perawatan.

“Kayaknya gak bisa kalau kita usulkan rehab berat di APBD, soalnya dana yang dikeluarkan hanya sifatnya internal bukan untuk kepentingan orang banyak,”katanya.

Masih kata Taufik, solusi dalam waktu dekat ini pihaknya akan memperbaiki halaman depan dan bangunan bagian depan hal ini dilakukan agar rusaknya rumdis tidak merusak pemandangan ibu kota apalagi posisinya dekat dengan rumdis wakil bupati.

“Pasti akan kita perbaiki, yang pastinya bagian depannya dahulu agar tidak ada kesan negatif terhadap ibu kota Kabupaten Tanggamus, “ujarnya.

Taufik juga menjelaskan, bahwa setiap bangunan apapun itu jenisnya jika tidak ditunggu maka akan cepat rusak, terlebih keberadaannya di Kotaagung yang notabennya dekat dengan laut.”Kalau sudah kita perbaiki nanti mudah-mudahan ada pegawai kita yang nunggunya. Masalah perbaikannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini,”tutupnya.(zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here