Harga Kopra masih Bertahan Tinggi

1581
MASIH TINGGI: Harga kopra Putih di Kabupaten Tanggamus saat ini masih tinggi dikisaran Rp12.000 per kilogram. Foto dibidik di salah satu pengerajin kopra di Kecamatan Wonosobo. Foto: Arka

WONOSOBO – Harga jual kopra putih di Kabupaten Tanggamus masih bertahan tinggi.

Menurut Sutani salah satu pembuat kopera di Tanggamus, tingginya harga kopra ini akibat dipicu harga pasar Internasional yang saat ini masih menguat. Saat ini harga kopra dikisaran Rp 12.000 per kilogram.

“Mungkin pengaruh dari harga pasar Internasional yang masih tinggi, jadi harga kopra juga masih tinggi, ” katanya, kemarin (25/3).

Ia menjelaskan, sebelumnya harga kopra putih di Kabupaten Tanggamus pada tahun lalu sempat turun menjadi Rp 9.500 per kilogram. Kemudian harganya berangsur naik menjadi Rp. 11.000. Dan di tahun 2018 kembali naik menjadi Rp 12.000 per kilogram.

“Kalau dibandingkan dengan harga tahun lalu, yaitu hanya berkisar Rp 9.500 per kilogramnya sehinggaembuat petani terbebani. Sebab dengan kondisi harga seperti itu hanya berakibat rugi bagi petani, karena biaya pengolahan kelapa hingga menjadi kopra ini besar,” ujar Sutani.

Sementara itu, Edy, salah satu pengepul kopra di Wonosobo membenarkan, bahwa harga kopra putih di Tanggamus mengalami kenaikan.” Ya, memang benar saat ini harga kopra mengalami kenaikan,” paparnya.

Ia mengatakan, naik turunya harga jual kopra maupun harga komoditi lainnya selalu di pengaruhi nilai tukar mata uang.”Kalau permintaan pasar Internasional terus bertambah kemungkinan harga kopra ini akan naik lagi. Jadi naik atau turunya harga ini tergantung permintaan pasar,” pungkasnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here