Harapkan Bupati Terpilih Realisasikan Pembangunan Irigasi

838
ilustrasi

WONOSOBO — Petani di empat pekon yang ada di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, mengharapkan bupati terpilih hasil pilkada mendatang merealisasikan pembangunan irigasi di areal persawahan Pekon Kejadian. Pasalnya, saat ini pengairan di areal persawahan setempat belum optimal lantaran irigasi yang digunakan masih berupa irigasi tanah.

“Kalau musim kemarau, areal persawahannya kekurangan pasokan air karena air di irigasi sering tidak lancar. Sedangkan kalau musim hujan, air irigasi sering meluap ke areal persawahan. Itu karena kondisi irigasi yang kami gunakan masih berupa tanah,” kata salah seorang petani di pekon setempat Masnah.

Menurutnya, areal persawahan tersebut bukan hanya digunakan oleh petani di Pekon Kejadian saja, melainkan petani di tiga pekon lainnya yakni Pekon Kunyayan, Balak, dan Tanjungkurung.

“Untuk itu, kami berharap agar bupati terpilih nanti dapat merealisasikan pembangunan irigasi permanen. Supaya pengairan ke sawah bisa lebih lancar sehingga berdampak pada meningkatnya hasil panen petani, ” ujar Masnah.

Sementara itu, petani lainnya, Basri  kondisi pengairan yang tidak optimal akibat irigasi yang digunakan masih berupa tanah sering berdampak pada menurunnya hasil panen petani.” Hasil panen kami sering turun, karena pengairannya tidak optimal, ” katanya.

Untuk itu, kedepan ia berharap agar petani dapat memperhatikan kondisi para petani di kabupaten Tanggamus dan dapat membangun sarana pertanian, salah satunya seperti irigasi permanen.

“Saya berharap bupati terpilih nanti dapat merealisasikan pembangunan irigasi permanen dipekon setempat, supaya pengairan kesawah bisa semakin lancar dan hasil panen bisa lebih meningkat,” ungkapnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here