Dinas PUPR Pastikan Perbaikan Talud

438
BELUM DIPERBAIKI : Talud Penahan Tanah (TPT) yang berada di  Jalan, Pekon Talang Rejo, Kecamatan Kotaagung Timur, ambrol sejak empat tahun lalu tak kunjung diperbaiki.Foto: Hanibal Batman

KOTAAGUNG — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanggamus memastikan akan memperbaiki talud penahan tanah (TPT) di ruas jalan Pekon Talang Rejo, Kecamatan Kotaagung Timur yang kondisinya rusak parah.

Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi melalui Kabid Cipta Karya Ari Yudda mengatakan, perbaikan akan dilakukan dalam waktu yang tidak lama lagi. Dia menargetkan sekitar dua bulan kedepan pekerjaan perbaikan sudah berjalan. Perbaikan sendiri nantinya disesuaikan dengan titik yang mengalami kerusakan, dengan demikian artinya tidak semua talud diperbaiki.

“Anggaran perbaikan talud tersebut sebesar Rp 100 juta, dan saat ini masih dalam tahap perencanaan, pengerjaan melalui rekanan,”kata Yudda, Kamis (22/3).

Selain perbaikan, talud di Pekon Talang Rejo, perbaikan bronjong juga akan dilakukan di ruas jalan Pekon Tanjung Anom yang telah lama mengalami kerusakan. Anggaran perbaikan untuk pembangunan bronjong tersebut Rp400 juta.

“Panjang bronjongnya sekitar 40 meter, dengan tinggi sekitar delapan meter, karena bronjong disana telah rusak, dan mengakibatkan medan jalan juga mengalami kerusakan,”ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Talud Penahan Tanah (TPT) yang berada di  Jalan, Pekon Talang Rejo, Kecamatan Kotaagung Timur, ambrol sejak empat tahun lalu.

Ironisnya, meski talud tersebut sudah mengalami kerusakan yang cukup lama namun hingga saat ini belum ada upaya perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Padahal, letak talud ambrol tersebut tidak jauh dari komplek perkantoran Pemda Tanggamus.

“Sudah lebih dari empat tahun talud ini ambrol dan belum juga diperbaiki. Kondisi ini membuat kami khawatir, karena sewaktu-waktu tanahnya bisa longsor,”kata Kholid warga setempat, kemarin.

Ia menambahkan, talud yang ambrol tersebut memiliki tinggi sekitar dua meter, dengan panjang sekitar 30 meter dan berada dipinggir Jalan Dalom Mangkunegara. Menurutnya, talud tersebut ambrol lantaran terkikis air.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here