Petani Harapkan Pembangunan Irigasi Permanen

379
Ilustrasi

KOTAAGUNG – Kendati sudah sering mengajukan proposal, namun hingga kini pembangunan irigasi permanen di Pekon Negeriratu, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, belum juga direalisasikan. Akibatnya, kini areal persawahan di pekon tersebut terancam kekeringan.

Kepala Pekon Negeri Ratu, Marzuki mengatakan, selama ia menjabat sebagai Kepala Pekon, pihaknya sudah lebih dari tiga kali mengajukan proposal permohonan pembangunan irigasi permanen ke dinas terkait.

“Setiap Musrenbang di kecamatan saya selalu mengusulkan pembangunan drainase irigasi di pekon setempat, bahkan saya juga sudah lebih dari dua kali mengajukan proposal secara langsung ke dinas terkait, tapi sampai saat ini belum juga direalisasikan,” katanya, beberapa waktu lalu.

Padahal, lanjut dia, pembangunan irigasi permanen saat ini sangat dibutuhkan oleh para petani di pekon setempat. Sebab, tidak adanya irigasi ini membuat aliran air menjadi kurang optimal dan tidak bisa mengairi seluruh areal persawahan yg ada dipekon setempat.

“Saat ini petani masih mengandalkan saluran irigasi tanah. Dan irigasi tanah itu tidak berfungsi dengan baik, ” terangnya.

Kondisi areal persawahan yang sering kekurangan pasokan air akibat irigasi yang tidak oprimal tersebut membuat sebagian petani frustasi. Akibatnya, sebagian dari mereka ada yang menyulap sawahnya menjadi lahan perkebunan pepaya.

Seperti yang dialami Warsito, salah seorang petani di pekon setempat. Menurutnya, kekurangan air yang terjadi di areal persawahan miliknya membuatnya berinisiatif untuk beralih dengan usaha tanam pepaya california.

“Dari pada menanam padi tapi kekurangan air terus, mending ditanami kates california,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa areal persawahan yang ada di pekon setempat pernah mengalami gagal panen akibat kekurangan pasokan air.”Total luas areal persawahan disini ada sekitar 200 hektar. Dan hampir semuanya mengalami gagal panen gara-gara kekurangan pasokan air. Untuk itu, kami berharap agar pemerintah dapat mengupayakan pembangunan irigasi permanen. Supaya pengairan bisa kembali lancar dan kami bisa nyawah lagi,” ungkapnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here