Curug Tanjungan Punya Potensi Untuk PLTA

332

PEMATANGSAWA – Masyarakat di Pekon Pesanguan, Kecamatan Pematangsawa meminta agar Pemkab Tanggamus dapat memanfaatkan Air Terjun Setia Kartini (Curug Tanjungan) yang ada diwilayah setempat untuk difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sehingga bisa memenuhi kebutuhan listrik warga wilayah terpencil itu.

Asril warga setempat mengatakan, air terjun bertingkat tiga di Way Betung yang lokasinya hanya 2 kilometer dari Pekon Pesanguan itu merupakan salah satu sumber alternatif untuk memenuhi kebutuhan listrik warga Pekon Pesanguan dan pekon tetangga, yang selama ini belum tersentuh aliran listrik PLN.

“Melihat potensinya, maka air terjun ini sangat cocok dibangun PLTA, guna memenuhi kebutuhan listrik warga Pesanguan dan pekon lainnya,” katanya, kemarin.

Ia melanjutkan, potensi air terjun Setia Kartini ini punya peluang dikembangkan menjadi PLTA. Bahkan, bisa juga dijadikan lokasi wisata yang mana keindahannya tidak kalah dengan air terjun lainnya.“Hanya berapa kapasitas kemampuan daya listrik yang dihasilkan masih perlu penelitian lebih lanjut. Tetapi, dibandingkan air terjun lain, maka air terjun ini paling tinggi dan airnya tidak pernah kering walau kemarau panjang,” ujar Asril.

Masyarakat lainnya, Tono mengaku, ketersediaan listrik dan jalan bagus adalah dambaan dan impian warga Pesanguan, yang letaknya sangat terpencil dipinggiran hutan TNBBS dan berada didataran tinggi Bukit Barisan Selatan.

“Akibat ketiadaan listrik dan jalan yang rusak, membuat desa kami jauh tertinggal dari desa lain. Warga pun tidak kreatif, karena apa-apa yang ada di desa hasil kebun, tidak bisa diolah,” ujarnya.

Untuk itu keberadaan air terjun Setia Kartini, yang namanya diambil dari namanya dan diberikan warga pekom sebagai bentuk penghargaan atas dedikasinya mencari listrik itu, dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik.

“Mudah-mudahan harapan kami ini ditanggapi oleh pemerintah, karena memang selama ini masyarakat disana masih kurang tersentuh oleh pemerintah,”tutupnya.(Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here