Gapoktan Harapkan Bantuan Saprodi

800
PUPUK ORGANIK : Petani Lada di Dusun Baturuguk Pekon Karangsari Kecamatan Air Naningan mulai beralih ke pupuk organik. Pupuk jenis ini diklaim mampu meningkatkan produksi lada. Foto: Rio Aldipo

TALANGPADANG – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Talang Padang mengharapkan bantuan sarana prasrana produksi (Saprodi). Hal ini bertujuan agar meningkatkan produksi padi demi menunjang swasembada pangan.

Salah satu Gapoktan Kecamatan Talang Padang  Agus Sofyan mengatakan, jika saat ini bantuan saprodi seperti pupuk sangat dibutuhkan oleh para kelompok tani yang ada di kecamatan setempat terlebih saat ini di berbagai pekon mulai melakukan penanaman. Untuk itu ia berharap dinas terkait bisa membantu para petani.

“Karena Kecamatan Talang Padang merupakan salah satu kecamatan sentra penghasil pertanian di Kabupaten Tanggamus, untuk itu bantuan saprodi sangat penting saat ini,”Kata Agus, belum lama ini.

Ia juga menjelaskan upaya KUPT Pertanian dalam rangka meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Talang Padang, yakni dengan gencar melakukan sosialisasi serta menyampaikan secara langsung kepada sejumlah Gapoktan tentang tata carapertanian, mulai dari pemilihan jenis bibit, pemupukan dan yang lainnya sehingga hasil produksi yang didapat bisa lebih maksimal.

“Terkait sarana penunjang pertanian yang lain seperti saluran irigas.Saat ini secara bergotong royong masyarakat serta Gapoktan telah memperbaiki saluran irigasi tersebut, hal ini tidak tujuannya agar Talang Padang terus menjadi salah satu sentra pertanian,”ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, Gapoktan dalam hal ini juga tengah gencar melaksanakan sosialisasi kepada para poktan di seluruh pekon, tidak hanya terkait pertanian saja akan tetapi sosialiasasi tentang cara berkebun juga disampaikan.

“Sosialisasi ini, dengan harapan kedepan kecamatan Talang Padang ini mampu menjadi contoh bagi kecamatan lain untuk penerapan kemajuan dibidang pertanian dan perkebunan,”ujarnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here