Inginkan Pemimpin yang Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah

72
ilustrasi

PULAUPANGGUNG – Siapapun calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan memimpin Kabupaten Tanggamus untuk lima tahun kedepan diharapkan agar siddiq, amanah, tabligh dan fathonah. Hal itu diungkapkan Ketua Fatayat NU Pekon Sinarmancak, Kecamatan Pulau Panggung, Yuniah.

“Kami berharap siapapun calon yang terpilih nanti bisa sidiq, amanah, tabligh dan fathonah. Karena empat sifat itu adalah yang harus dimiliki oleh pemimpin,” ujarnya.

Dia mengatakan, seorang pemimpin harus siddiq yakni benar atau jujur dalam perkataan dan perbuatan, sebagaimana dijalankan oleh Rasulullah. Kemudian, lanjut dia, pemimpin harus amanah yakni dapat dipercaya saat diberikan mandat atau kepercayaan dari rakyat.

“Amanah harus dijalankan dengan baik, karena seorang pemimpin tidak boleh menyia-nyiakan amanat rakyatnya,” kata Yuniah.

Pemimpin juga kata dia, harus fathonah yakni harus cerdas atau berpengetahuan mengenai apa yang dipimpinnya. Sebab nanti jika seorang pemimpin tidak cerdas maka akan susah untuk membangun daerahnya.

“Kemudian, pemimpin juga harus memiliki sifat tablig yakni menyampaikan apapun yang diamanatkannya, seperti rasul menyampaikan firman Allah pada umatnya,” terangnya. “Jika pemimpin Tanggamus nanti memiliki empat sifat itu saya yakin Tanggamus akan lebih baik lagi kedepannya, ” ungkapnya.

Dalam Pilkada Tanggamus, ia mengatakan bahwa Fatayat NU Pekon Sinarmancak berlaku netral. Ia juga mengaku Fatayat NU tidak pernah mengajak kepada anggotanya maupun orang lain untuk memilih salah satu pasangan calon bupati maupun wakil bupati. Sebab menurutnya, setiap orang berhak menentukan hak pilihnya sendiri.

“Saya tidak pernah mengajak ataupun memaksa untuk memilih pasangan calon manapun, karena mereka punya hak masing-masing untuk menentukan pilihannya,”  ujar Yuniah.

Sementara itu, salah seorang anggota fatayat NU lainnya, Erni berharap calon bupati maupun wakil bupati yang terpilih nanti bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tanggamus. Sebab, saat ini tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Tanggamus masih cukup rendah.

“Ya, kalau saya sih berharapnya bupati yang terpilih nanti bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik lagi, khususnya dalam hal peningkatan ekonomi dan kesejahteraan,” tutupnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here