Masyarakat Pulau Tabuan Antusias Ikuti Perekaman Data Program Jemput Bola Disdukcapil Sangat Membantu Masyarakat

370
LAYANI SEPENUH HATI : Tim dari Disdukcapil Tanggamus saat melayani warga empat Pekon yang ada di Pulautabuan Kecamatan Cukuhbalak. Tak ada raut muka lelah dari petugas kendati menempuh perjalanan jauh menggunakan kapal bahkan perekaman dilakukan sampai pukul 00.00 WIB. Foto: IST

CUKUHBALAK – Metode jemput bola dalam melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (KTP-EL) yang diterapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus didaerah terpencil sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, hal tersebut dinilai sangat membantu, apalagi bagi warga yang tinggal jauh dari kantor kecamatan bahkan kabupaten.

Seperti kemarin misalnya, Rabu (14/3) tim Disdukcapil Tanggamus menyambangi masyarakat di empat pekon yang ada di Pulau Tabuan Kecamatan Cukuhbalak. Petugas disdukcapil yang tiba di Pekon Kuta Kakhang Kecamatan Cukuhbalak pada pukul 16.50 WIB, tidak ada raut muka lelah dan letih yang mereka tunjukan demi melayani masyarakat di empat pekon tersebut, tim hanya beristirahat sebentar setelah 3 jam lebih berjuang dengan besarnya ombak dan kencangnya angin laut, namun semangat pantang menyerah demi masyarakat Tanggamus agar memiliki data diri untuk berbagai keperluan administrasi ini patut diberikan apresiasi.

Setelah sore hari tiba di Pulau Tabuan, tim langsung mememulai perekaman pada pukul 18.30 – 00.00 malam dan dilanjutkan keesokan harinya untuk mengefisiensi waktu.

Kasi Pendaftaran Penduduk Risnawati didampingi Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Sumaini mengatakan, sistem jemput bola dikecamatan dan pekon-pekon merupakan salah satu inovasi dari Disdukcapil Tanggamus.
Untuk memudahkan masyarakat dalam kepemilikan salah satu dokumen kependudukan yaitu KTP-EL mengingat pentingnya KTP tersebut, untuk berbagai keperluan administrasi kepemilikan dan yang tak kalah pentingnya, dapat digunakan dalam hak pilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, yang akan digelar tidak lama lagi dan pemilihan umum tahun 2019 mendatang.

“Ini adalah kecamatan ke empat yang kami sambangi, diantaranya Kecamatan Pematangsawa, Kotaagung Barat, Semaka dan Cukuhbalak, dan nanti kami juga akan ke Pekon Atar Lebar Kecamatan Bandar Negeri Semuong,” ujar Risnawati mewakili Kepala Disdukcapil Syarif Husin.

Dilanjutkannya, untuk kendala dalam melakukan jemput bola perekaman KTP-EL ke masyarakat bukan tanpa hambatan, jika menggunakan  jalur laut harus berhadapan dengan cuaca yang tidak menentu seperti ombak besar, angin kencang, untuk menuju Pekon-pekon yang memang sulit dijangkau, karena tempat-tempat yang belum pernah melakukan perekaman, karena berkaitan dengan pilkada saat ini. Supaya memberikan hak masyarakat untuk memilih pada pilkada mendatang.

“Target kita dalam perekaman di empat pekon ini sebanyak-banyaknya, ini kami lakukan untuk membantu mereka agar bisa memberikan hak dalam memilih pada pilkada mendatang,” ujar Risnawati.

Sementara itu Kepala Pekon Kuta Kakhang Muzammi mewakili masyarakatnya memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Tanggamus, dalam hal jemput bola perekaman KTP-EL, jadi masyarakat empat pekon ini tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kantor kecamatan atau datang langsung ke kantor Disdukcapil di Tanggamus, karena akses yang memang jauh dan harus menggunakan kapal laut dalam hal transportasi.

“Ini program yang sangat baik, jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor kecamatan atau ke disdukcapil yang ada dikabupaten, mudah-mudahan program ini berjalan dengan baik, karena saya sangat mengapresiasi apa yang menjadi program  disdukcapil ini,” Kata Muzammi.

Warga Pekon Sawang Balak Refizalina (23) saat ditanya mengenai program jemput bola dari Disdukcapil ini, mengaku sangat senang sekali, menurutnya dari pada  jauh -jauh ke kecamatan atau di kabupaten untuk melakukan perekaman yang jauh dari pekon mereka.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya program seperti ini dari disdukcapil, semoga kedepannya mempunyai program yang sama dengan pembuatan semacam Akte Kelahiran atau yang lainnya,” ujarnya.(rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here