Bosan Menunggu, Warga Perbaiki Gorong-Gorong Rusak

314

PRINGSEWU – Tak kunjung mendapatkan bantuan, warga Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu memperbaiki gorong-gorong dengan gotong royong, Senin dan Selasa (14 – 15/3) kemarin.

Sarman warga setempat mengatakan keberadaan gorong-gorong yang rusak belum pernah mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Sehingga gorong-gorong pun amblas hampir separuh badan jalan, akibatnya pengguna jalan yang melintas dipaksa untuk ekstra hati-hati.

“Rusaknya gorong-gorong itu sudah berlangsung berbulan – bulan. Kondisi yang amblas melebihi separuh badan jalan membuat para pengendara yang melintas harus lebih berhati-hati, karena apabila sampai tidak memperhatikan bisa tergelincir,” pungkasnya pada Radar Pringsewu.

Namun sayang meski kondisinya sangat memprihatinkan rupanya belum ada perhatian dari pihak terkait, sehingga warga berinisiatif memberikan pijakan berupa papan dan seadanya. “Warga memasang papan seadanya, supaya warga tidak ada yang tergelincir,” pungkasnya.

Disebutkan, bahwa selama ini kerusakan gorong-gorong itu seringkali dikeluhkan oleh para pengendara yang melintas, karena jalan yang bisa digunakan hanya separuh, sehingga apabila ada motor dua arah masih harus bergiliran.

Sarman mengaku, selain itu dilokasi tersebut tidak terdapat saluran drainase yang memadai, karena memang selama ini belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali. “Akibatnya disini menjadi langganan banjir saat musim hujan terjadi,” keluhnya.

Untuk itu, dirinya pada hari Minggu kemarin mengadakan musyawarah dengan warga lainnya untuk memperbaiki gorong-gorong dan jalan yang mengalami kerusakan. “Warga sepakat untuk memperbaiki secara swadaya gorong-gorong yang rusak,”  katanya.

Maka dari itu, pihaknya mengumpulkan dana dari warga untuk membeli semen dan pasir. “Setelah semua terkumpul, kami lalu memperbaiki gorong-gorong dan jalan yang rusak secara gotong royong. Alhamdulillah berkat kerja sama para warga, gorong-gorong ini selesai dibangun,” pungkasnya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here