Bantu Warga dengan Bibit Lele

659

PRINGSEWU – Pemerintah Kelurahan Pringsewu Timur, Pringsewu menyalurkan bantuan bibit kepada para warga. Pembagian dilakukan secara simbolis oleh lurah setempat Sukron kepada warga di RT 03 Lingkungan 05, Rabu (14/3) kemarin.

Sukron mengatakan, dirinya ingin menjadikan lingkungan setempat menjadi sentra buah. Dia menyebutkan, telah membagikan 3 macam bibit buah, seperti jambu Jamaika, jambu Kristal dan Mangga. “Bibit yang diberikan sebanyak 60 batang bantuan dari masyarakat Peduli Lingkungan di Kabupaten Pringsewu,” ujar Sukron pada Radar Pringsewu.

Dia menjelaskan dengan adanya pepohonan di sekitar rumah, maka panas matahari akan diserap oleh pohon, sehingga udara yang ada di sekitar pohon yang rindang akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Terlebih lagi jika lantai di bawah pohon dibiarkan menjadi tumpukan sampah daun yang menyerap air hujan, udara pun akan terasa lembab.

Disamping itu, melalui penanaman bibit buah juga memiliki banyak keuntungan. Seperti pohon buah dapat melakukan penyaringan udara kotor polusi yang dihasilkan oleh manusia maupun yang dihasilkan oleh alam secara alami. Menurutnya, apabila banyak pohon maka akan mampu menyaring udara yang tercemar.

Diutarakannya tidak hanya keuntungan itu saja, melainkan keuntungan secara ekonomi bisa didapatkan dari menanam pohon tersebut. “Pohon buah yang menghasilkan buah-buahan akan dapat memberikan tambahan penghasilan maupun tambahan makanan bagi pemiliknya ketika telah berbuah sesuai harapan,”katanya.

Buah-buah yang berkualitas, lanjutnya, baik tentu saja dapat dijual kepada orang lain sehingga mendapatkan uang tambahan yang tidak sedikit. Buah yang dihasilkan pohon buah yang ada di halaman rumah pun dapat dikonsumsi sendiri berserta para tetangga yang tinggal di sekitar rumah.

Disisi lain, Sukron menargetkan pada tahun ini Kelurahan Pringsewu Timur mampu mencapai pajak bumi dan bangunan (PBB) sebesar 100 persen. “Kemarin juga kami telah melakukan pemutakhiran data PBB khusus golongan 4 dan 5 dengan Dispenda Pringsewu. Kami harapkan masyarakat untuk membayar PBB tepat waktu,” paparnya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here