Tiga Dusun, Masih Berada Dalam “Kegelapan” Berharap Masuknya Listrik PLN

449
ilustrasi

BANDARNEGRISEMONG — Warga di tiga dusun yakni, Dusun Umbul Lahu, Umbul Temono dan Bambu Kuning, Pekon Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semong, hingga kini belum menikmati listrik dari jaringan PT.PLN, untuk itu warga ditiga dusun berharap pemkab dapat segera mengupayakan masuknya jaringan listrik konvesional PLN.

Tarmizi, tokoh masyarakat setempat mengatakan keberadaan listrik merupakan salah satu alternatif untuk memperlancar aktivitas warga. Namun dengan tidak adanya aliran listrik dari PLN ini membuat aktivitas warga sedikit terhambat.” Untuk itu, kami berharap agar Pemkab Tanggamus dapat mengupayakannya,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk mendapatkan penerangan pada malam hari, masyarakat di tiga dusun tersebut membeli turbin secara swadaya. Yang mana, turbin ini berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Namun penggunaan turbin ini dinilai kurang maksimal karena sering mendapat kendala.

“Kendalanya jika  dimusim kemarau aliran air disungai menjadi kecil sehingga membuat tenaga listrik yang dihasilkan menjadi kurang optimal, sedangkan jika dimusim penghujan aliran air semakin deras dan bisa membuat turbin hanyut,” ujar Tarmizi.

Sementara, Kepala Pekon Sanggi Khojandar membenarkan, memang benar warga di tiga dusun setempat tengah mengharapkan aliran listrik dari PLN.” Sudah lama mereka mengharapkan penerangan tersebut, bahkan mereka sudah menyampaikannya kepada aparat pekon agar bisa mengusulkannya kepada Pihak PLN, hanya saja sampai saat ini belum terrealisasi,” katanya, beberapa waktu lalu.

Selama ini, kata dia, harapan warga tersebut sudah disampaikan kepada pemerintah melalui dinas instansi terkait, dan itu sudah mendapatkan tanggapan dari PLN, namun untuk penyalurannya belum ada kejelasan.” Sebagai pimpinan pekon, saya berharap kedepan pihak PLN dapat menyalurkan listrik ke tiga dusun tersebut. Sebab, keberadaan listrik dari PLN sudah sejak lama dinantikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Supervisor Teknik PLN Ranting Kotaagung, Wawan mewakili Manajer Ranting PLN Kotaagung Mukhlas mengatakan bahwa PLN sejatinya siap memasang jaringan listrik kepekon yang belum teraliri listrik, hanya saja saat ini pihaknya terkendala medan yang sulit ditempuh untuk pemasangan tiang listrik.

“Pada dasarnya kami siap saja melakukan pemasangan jaringan baru, hanya saja, kami terkendala oleh infrastruktur, sehingga tidak bisa mengangkut tiang ataupun peralatan ke titik yang hendak dipasang,” ujar Wawan.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here