Terbentur Tahun Politik, Pemkab Tiadakan Bulan Promo

158
PERSIAPAN HUT : Asisten Bidang Pemerintahan Paksi Marga saat memimpin rapat membahas persiapan HUT Ke 21 Kabupaten Tanggamus. Untuk peringatan HUT tahun ini pemkab Tanggamus memutuskan untuk meniadakan promo sembako hal ini untuk mengatisipasi adanya penyalahgunaan oleh oknum untuk tujuan tertentu sebab melibatkan massa yang banyak. Foto: Hanibal Batman

KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus nampaknya sangat berhati-hati dalam menghadapi tahun politik 2018. Hal ini terlihat dari kebijakan pemkab yang meniadakan bulan promo sembilan bahan pokok (Sembako).

Padahal tahun-tahun sebelumnya bulan promo di bulan Maret jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tanggamus rutin digelar, dimana pemkab bekerjasama dengan toko retail menjual bahan-bahan pokok dengan harga subsidi sehingga harganya menjadi terjangkau dan lebih murah dari harga pasaran.

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Tanggamus, Robin Sadek, hal ini dilakukan mengingat jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dikhawatirkan disalahgunakan oknum karena melibatkan jumlah massa banyak.

“Kita khawatir, karena kegiatan tersebut melibatkan massa, takutnya disalahgunakan karena bertepatan dengan tahun politik. Untuk itu setelah kita kaji maka kita putuskan untuk meniadakannya,”kata Robin Sadek, Senin (12/3).

Ia menambahkan, sejumlah rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Tanggamus akan dimulai pada tanggal 16 Maret mendatang, yaitu senam bersama dan lomba tradisional di wisata muara indah Kecamatan Kotaagung, melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Tanggamus, sekaligus melaksanakan bersih-bersih pantai. Lalu pada tanggal 20 Maret dilaksanakan rapat paripurna HUT Tanggamus ke-21 sekaligus memperingati HUT Provinsi Lampung ke-54.

“Puncaknya pada tanggal 21 Maret melaksanakan upacara dilapangan Merdeka, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, setelah itu ziarah ke makam pahlawan lalu setelahnya ramah tamah di rumah dinas Bupati dengan tokoh masyarakat, khusus upacara pada tanggal 21 diharapkan tiap kecamatan melaksanakan masing-masing terkecuali Kotaagung Pusat, ini supaya HUT Tanggamus dirasakan oleh masyarakat,”ujarnya.

Masih dalam rangkaian HUT Tanggamus, pada tanggal 25 Maret juga akan dilaksanakan jalan sehat, yang rencananya akan dipusatkan di rest area Gisting Bawah, rute yang akan dilalui yakni dari rest area menuju ke arah jakan irigasi, Gisting Bawah, menuju ke Pekon Purwodadi ke arah TK aisyah lalu kembali lagi ke rest area, jalan sehat dilaksanakan pada pukul 06.00 hinggq 14.00 dan telah dipersiapkan doorprize serta hiburan pengiring bagi masyarakat.

“Dilaksanakan di Gisting karena kita inginkan HUT ini dirasakan semuanya oleh masyarakat, di Kotaagung sendiri akan dilaksanakan Tanggamus Expo dari tanggal 26-28 Maret, dan diharapkan pada tanggal 14 hingga 28 Maret mendatang umbul-umbul untuk menyemarakan HUT telah terpasang dan kita sudah sampaikan surat kepada kecamatan, tadi juga di pimpin Pak Asisten Bidang Pemerintahan telah lakukan rapat pematangan guna mempertegas dari masing-masing panitia,”terangnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here