Asyik, Disdukcapil Bakal Miliki Kendaraan Operasional

116
Ilustrasi

KOTAAGUNG – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus bakal segera memiliki mobil operasional sendiri untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

Hal itu diutarakan langsung oleh Pj Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin saat melakukan coffe morning dengan Kepala OPD dan seluruh camat beberapa waktu lalu.

Kepala Disdukcapil Tanggamus, Syarif Husin mengatakan, Pj. Bupati Tanggamus sudah menginstruksikan kepada bagian umum untuk segera merealisasikan mobil operasional tersebut, demi mendukung kegiatan dan pelaksanan tugas disdukcapil dilapangan.

“Mobil operasional kita nanti jenis Innova, dan telah di input oleh Bagian Umum Setdakab Tanggamus dan mudah-mudahan akan terealisasi tahun ini, untuk mendukung program perekaman data KTP elektronik (KTP-EL) dan pelayanan data kependudukan lainnya di tiap wilayah,”kata Syarif Husin, Senin (12/3).

Syarif Husin menambahkan, idealnya mobil operasional untuk disdukcapil yakni mobil double garden atau jenis 4 x 4 hal itu melihat topografi Kabupaten Tanggamus yang sulit dilalui, akan tetapi jika bantuan tersebut benar terealisasi maka disdukcapil dalam hal sangat terbantu, karena untuk melakukan tugas di lapangan belum miliki kendaraan khusus.

“Nanti akan kita siasati, jika ada pekon yang tidak dapat dijangkau, kita berkoordinasi dengan kakon, agar memfasilitasi warganya ketempat yang bisa dijangkau, selama ini seperti itu, dan diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan data perekaman,”ujarnya.

Diketahui, selama ini dalam melaksanakan tugas perekaman utamanya di wilayah terpencil, Disdukcapil masih pinjam mobil milik Dinas Pariwisata, hal itu lantaran jumlah warga yang belum melakukan perekaman masih sangat tinggi, sementara pusat terus mentarget agar setiap warga bisa melakukan perekaman.

Disisi lain Disdukcapil kendati telah gencar melakukan perekaman di tiap kecamatan dan kantor Disdukcapil masih saja ada warga yang belum melakukan perekaman khususnya di wilayah terpencil, untuk itu kurun tahun 2017 Disdukcapil programkan jemput bola.

“Kita akan pinjam untuk sementara waktu, mobil milik Dispar, karena masih banyak warga yang belum lakukan perekaman, sementara sebentar lagi akan ada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati dan syaratnya harus ada e-Ktp jikapun belum ada akan kita siasati dengan surat keterangan, jika sewaktu-waktu blanko kosong,”tandas Syarif Husin saat itu.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here