Dandim 0424 Bantu Promosikan Produk HKm Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

1061
SIAP PROMOSIKAN HKm : Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh.Anang Hasto Utomo saat dikukuhkan menjadi bapak asuh HKm oleh puluhan Gapoktan yang mengelola HKm di Tanggamus , 8 Februari lalu. FOTO: HANIBAL BATMAN

KOTAAGUNG – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0424 Tanggamus. Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, yang juga bapak angkat hutan kemasyarakatan (HKm) berjanji akan berupaya untuk mensejahterakan masyarakat penggarap HKm melalui promosi produksi hasil hutan.

Menurut Anang, promosi produk HKm Tanggamus mempunyai kualitas dan kuantitas serta peluang yang sama dengan produk HKm dari daerah lain. Untuk itu dengan melalui promosi produk HKm Tanggamus akan semakin lebih dikenal dan dicari oleh konsumen sehingga kesejahteraan petani bisa meningkat.

“Contoh kecilnya jika ada tamu dari luar, kita ambil produk kopinya HKm atau produk HKm lainnya sehingga bisa membantu masyarakat HKm untuk lebih sejahtera,” ujar Dandim.

Dilanjutkan Anang, jika Kodim 0424 berperan untuk memfasilitasi kegiatan kehutanan terlebih dirinya sudah diangkat menjadi bapak asuh HKm.

“Kodim 0424 juga mempunyai program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) atau penghijauan disisi lain RHL juga dilaksanakan oleh BPDAS dan TNBBS. Program tersebut akan berjalan dengan baik jika ada kerjasama dan interaksi yang baik antara TNI dengan masyarakat HKm, harapannya penghijauan dapat terlaksana dengan lancar, tanaman bisa dijaga dengan baik, sehingga gapoktan sadar betul makna dan fungsi hutan,”terang Dandim.

Dalam hutan lanjut Anang, tidak hanya ditanami kopi, maupun sejenis tanaman yang umumnya diberdayakan oleh masyarakat petani kebun, akan tetapi juga bisa ditanami dengan tanaman yang keras yang juga dapat menghasilkan seperti durian, pinang, jengkol serta lainnya dengan tidak merubah fungsi utama hutan itu sendiri.

Adapun fungsi pemberdayaan hutan khususnya untuk TNI sendiri menurutnya ialah menciptakan ruang tempat berlatih,  maupun persiapan ruang jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam tugas kemiliteran.

“Dengan melaksanakan tugas ini, saya dapat membantu masyarakat Hkm, membantu Pemda dan menjalankan tupoksi saya sebagai TNI, untuk membuat ruang peperangan, begitu ada peperangan kita sudah tahu ada hutan yang bagus, dan hal itu harus kita persiapkan mulai dari sekarang,” kata Dandim.

Masih dalam upaya menjaga kelestarian hutan, Kodim 0424 Tanggamus akan mempersiapkan nomor call center, yang di khususkan untuk menerima laporan terkait kegiatan ilegal yang ada di hutan, baik itu pembalakan liar, alih fungsi lahan, perburuan liar hingga kebakaran hutan.

“Saat ini tengah dalam proses, kita cari nomor yang memang gampang diingat, sehingga informasi itu cepat kita terima, dan melakukan penanganan lebih lanjut, nanti akan ada petugas untuk menerima laporan tersebut,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here