Drainase Buruk, Air Tumpah ke Jalan

115

PRINGSEWU – Keberadaan jalan lintas barat (jalinbar) di depan Masjid Taqwa Pringsewu dikeluhkan oleh sejumlah pengguna jalan maupun warga setempat. Hal tersebut lantaran adanya saluran drainase yang tersumbat sehingga air meluap ke badan jalan.

Pengguna jalan yang merasakan dampak genangan ini mengungkapkan, permukaan jalan selalu tergenang ketika hujan deras. Air berasal dari drainase yang tidak berfungsi maksimal. Apalagi sejumlah drainase memang terlihat dangkal, sehingga air meluap ke badan jalan.

Salah seorang pengguna jalan, Tursiyo, mengaku kondisi seperti ini sudah menjadi hal biasa. Sebab, setiap kali diguyur hujan, beberapa ruas jalan lintas barat selalu tergenang. “Ini karena air parit tidak bisa mengalir dan akhirnya meluap ke jalan,” kata Tursiyo (8/3) kemarin.

Menurut dia, salah satu solusi agar jalan tidak tergenang ketika hujan, yakni membenahi drainase yang ada. Dia pun berharap agar pemerintah daerah memperhatikan kondisi ini.

“Jadi drainase ini harus dinormalkan sehingga air bisa mengalir dan tidak meluap ke jalan. Kalau terus dibiarkan akan semakin tersumbat. Dan setiap hujan akan terus seperti ini (tergenang),” harapnya.

Prastowo, pengguna jalan lainnya, juga merasakan hal sama. Dia merasa tidak nyaman jika air dari drainase meluap hingga ke jalan. Bahkan air tersebut memil bau tidak sedap. “Luapan air dari parit membuat tidak nyaman. Ditambah lagi airnya yang agak bau,” katanya.

Menurutnya, untuk mengurangi sampah baiknya diusulkan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan sampah-sampah yang terbawa air. Namun, ia bersama pengguna jalan lainnya juga berharap agar pemerintah mengambil tindakan cepat atau mencari solusi agar air tidak lagi menggenangi jalan. (arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here