Warga Harapkan Normalisasi Way Belimbing

99
BUTUH NORMALISASI :Sungai Way Belimbing di Pekon Lakaran, Kecamatan Wonosobo sudah dangkal dan menyempit. Warga berharap pemerintah menormalisasinya. Foto: Uji Mashudi

WONOSOBO – Warga Pekon Lakaran, Kecamatan Wonosobo, mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus agar dapat mengupayakan normalisasi dan pelebaran terhadap Sungai Way Belimbing. Pasalnya, saat ini kondisi sungai Way Belimbing sudah dangkal dan sempit.

Sobirin, warga setempat mengatakan bahwa saat ini kedalaman sungai Way Belimbing tidak sampai satu meter, begitu juga dengan lebar sungai yang hanya tinggal dua meter.

“Sebelumnya kedalaman sungai ini sekitar dua meter, tapi sekarang tidak sampai satu meter. Begitu juga dengan lebar sungai, sebelumnya 4 meter sekarang tinggal dua meter, ” kata Sobirin, kemarin.

Menurutnya, kondisi sungai yang sudah mengalami pendangkalan dan penyempitan ini membuat warga khawatir. Sebab, setiap diguyur hujan deras volume air sungai cepat meningkat dan kerap meluap.

“Kalau hujan deras sering meluap hingga kerumah warga dan areal persawahan. Untuk itu, kami berharap agar pemerintah dapat mengupayakan penormalisasian sungai Way Belimbing,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Lakaran Suryadi mengaku, sudah sering menyampaikan terkait kondisi sungai tersebut ke pihak kecamatan. Bahkan, pihaknya juga sudah menyampaikannya langsung ke dinas terkait. Namun, sayangnya hingga kini belum ada upaya normalisasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

“Saya sudah sering sampaikan kondisi sungai Way Belimbing ini ke pihak kecamatan maupun dinas terkait. Tapu sampai sekarang belum juga direalisasikan. Untuk itu, saya berharap agar Pemkab setempat dapat segera melakukan penormalisasian dan pelebaran sungai, karena warga kami saat ini setiap musim hujan selalu dihantui rasa takut akan musibah banjir,” katanya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here