Pak! Kapan Talud Pantai Jebol Diperbaiki

119

KOTAAGUNG — Jebolnya talud penahan ombak di Tempat Pelabuhan Perikanan Kotaagung tepatnya di belakang stasiun pengisian bahan bakar nelayan hingga kini tidak kunjung diperbaiki. Padahal talud itu jebol sekitar dua tahun lalu.

Menurut nelayan sekitar, Yunani. Jebolnya talud itu mengancam bangunan solar packet disel nelayan (SPDN) yang hanya berjarak 5 meter dari titik jebol. Bentuk kerusakannya di bagian bawah atau dasar laut dengan luas jebol sekitar delapan meter dan tinggi sekitar 1,3 meter.

“Dampak jebolnya talud air laut bisa masuk ke sisi darat yang sekaligus jadi tempat penampungan sementara pasir laut hasil pengerukan perairan kolam pelabuhan,”katanya.

Ia melanjutkan, jiak tidak segera di tanggapi tentunya akan berdampak buruk, pertama talud tersebut jebol yang merupakan pelindung daratan.

Lalu pasir laut hasil pengerukan masuk lagi ke kolam pelabuhan yang akhirnya membuat kolam jadi dangkal sehingga perahu nelayan tidak bisa sandar ke dermaga atau angker di kolam pelabuhan.

“Jebolnya sih sudah beberapa tahun lalu, terus makin lama tambah lebar, sebab batu-batuan untuk bangunan taludnya rontok. Apalagi sekarang musim ombak besar makin jebol saja nantinya,” terangnya.

Ia menambahkan, kerusakan bisa tambah besar sebab dinding talud yang menghadap laut sudah banyak yang berlubang selain di titik yang jebol. Lubang-lubang itu lama kelamaan tambah lebar dan tembus sehingga talud jebol juga.

“Kalau bisa secepatnya diperbaiki, sebab lama-lama bisa ambruk semua taludnya,”ujarnya.

Hal sama juga dikatakan nelayan lainnya, Marhusin. Ia mengaku talud jebol itu pernah di liat langsung oleh mantn Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan. Tepatnya seminggu dari kejadian. Beliau juga berjanji akan kembali memperbaiki talud tersebut, namun hingga saat ini tidak kunjung terealisasi.

“Katanya mau diperbaiki, tapi sudah mau ganti Bupati lagi tidak kunjung diperbaiki,”keluhnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, jika talud penahan ombak itu tidak segera diperbaiki maka bisa mengancam bangunan stasiun yang ada berada dekat dengan talud jebol. Terlebih dilokasi itu ombal laut termasuk besar mengingat diapit dua dermaga yang notabennya sebagai pemecah ombak.

“Sekarang aja sudah hancur mas apalagi nanti kalau terus dibiarkan. Ya kami menginginkan agar janji Bupati akan memperbaiki talud itu benar-benar direalisasikan. Sebab, ini bicara masalah dampak orang banyak,”tutupnya.(zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here