Hujan 3 Jam, Tebing Batu Keramat Longsor

1906
BERSIHKAN SISA LONGSOR: Petugas BPBD Tanggamus dibantu warga setempat membersihkan sisa longsor diruas Jalinbar Pekon Batu Keramat, Kecamatan Kotaagung Timur, Kamis (8/3). Material longsor memang sempat menutup setengah badan jalan. Foto: BPBD Tanggamus

KOTAAGUNG—Longsor menutup setengah bahu jalan lintas barat (Jalinbar) Pekon Batu Keramat, Kecamatan Kotaagung Timur, Kamis (8/3) sekitar pukul 16.15 Wib. Hal itu terjadi setelah hujan lebat selama kurang lebih tiga jam mengguyur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus Romas Yadi melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Edi Nugroho mengatakan, ada tiga titik longsor yang terjadi di Pekon Batu Keramat, satu lokasi tak jauh dari perbatasan Kecamatan Gisting dengan Batu Keramat lalu dua titik lainnya di dekat pos polisi.
Material longsor juga sempat menutup sebagian bahu jalan, namun berkat kesigapan personel BPBD, Basarnas, kepolisian dan masyarakat yang melakukan pembersihan maka jalan yang tertimbun tersebut sudah dapat dilalui oleh kendaraan.

“Material longsor sempat menutup badan jalan ditambah adanya pohon tumbang. Untuk membersihkan material longsor dan menyingkirkan pohon tumbang, petugas menggunakan alat seadanya seperti gergaji mesin, cangkul dan tidak menggunakan alat berat,”kata Edi Nugroho.

Ia menambahkan, longsor juga terjadi di Dusun Talangcurup, Pekon Sinar Sekampung, Kecamatan Airnaningan, Selasa (6/3) sekitar pukul 16.00 WIB, material longsor menimpa kamar mandi rumah warga yang diketahui bernama Samsoleh, akibat kejadian tersebut Dewi Ayuningsih (9) menderita luka dibagian kepala, serta Sinta Salsabila (3) juga mengalami luka dibagian yang sama.

“Kita sudah turun ke lokasi kejadian, tidak ada korban jiwa, hanya saja ada yang terluka lantaran pada saat kejadian keduanya sedang berada di kamar mandi dan di dapur, rumahnya memang berdekatan dengan tebing yang longsor tersebut, bantuan sudah kita berikan berupa peralatan dapur, family kit, tikar, terpal,dan mi instan,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Batu Keramat, Masranto membenarkan kejadian longsor tersebut, hal itu diakibatkan derasnya hujan yang mengguyur, kendati demikian pada tahun ini, musibah longsor baru terjadi pada kali ini.

“Kita imbau kepada pengguna jalan, agar senantiasa berhati-hati, terlebih ketika melintas di wilayah yang rawan longsor, terlebih diruas Batu Keramat dimana sisi kanan dan kirinya masih terdapat tebing,”kata Masranto.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here