Ratusan Siswa Antusias Ikuti Seleksi Calon Anggota Paskibra

186
BERIKAN MOTIVASI : Asisten Bidang Administrasi Setdakab Tanggamus Hi.Firman Ranie bersama Kepala Dispora Tanggamus Rizal Pahlevi memberikan wejangan dan motivasi kepada siswa yang mengikuti seleksi calon anggota Paskibra, Rabu (7/3) di Gedung PKK Tanggamus. Foto: Rio Aldipo

KOTAAGUNG – Sebanyak 225 pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat yang ada di Kabupaten Tanggamus mengikuti seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara Hari ulang tahun (HUT)  Ke 73 Republik Indonesia 17 Agustus mendatang.

Kegiatan seleksi tersebut dipusatkan di Gedung PKK Kompleks Perkantoran Pemkab Tanggamus, Rabu (7/3) dengan melibatkan tim pelatih dari unsur TNI/Polri, tim kesehatan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus dan dipantau langsung Asisten Bidang Administrasi Setkab Tanggamus Firman Ranie dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Rizal Pahlevi.

Kepala Dispora Tanggamus Rizal Pahlevi mengatakan seleksi diikuti oleh 73 sekolah mulai dari SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA) baik negeri maupun swasta yang ada di 20 kecamatan. “Semua sekolah yang diundang mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka ini,” ujar Rizal.

Waktu seleksi lanjut Rizal dilakukan selama dua hari, dimana dihari pertama yang dinilai tinggi badan, kesehatan dan kemampuan akademik siswa. “Yang ikut seleksi khusus pelajar kelas X, untuk tinggi badang pria minimal 170 cm dan putri 165 cm, ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pemuda Olahraga (Permenpora). Setelah itu, tes akademik dan kesehatan sehingga jumlahnya menyusut,” kata Rizal.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Setda Tanggamus Firman Ranie yang turut hadir pada seleksi kemarin, meminta agar para peserta mengikuti seleksi dengan serius dan semangat. Mantan Inspektur Daerah  Tanggamus itu juga sempat berdialog pada beberapa siswa/siswi, untuk menyakinkan mereka agar mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Adik-adikku semua, keutuhan dan kedaulatan NKRI adalah harga mati. Jadilah kalian contoh dan panutan terutama dalam keluarga dan lingkungan sekolah, agar bisa maju dan terpilih menjadi Anggota Paskibraka untuk melaksanakan pengibaran Bendera Merah-Putih pada HUT RI Agustus mendatang,” ujar Firman Ranie.

Firman juga memberikan apresiasinya atas besarnya animo pelajar dalam mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka. “Kita berikan apresiasi atas besarnya animo siswa dan tak lupa kita juga ucapkan terimakasih kepada sekolah yang sudah mengirimkan siswanya, kita harap dari seleksi ini akan mendapatkan calon anggota paskibra yang benar-benar  berkualitas sehingga kegiatan upacara HUT RI bisa berjalan dengan lancar, “katanya.

Firman juga menegaskan, bahwa penilaian dalam seleksi ini dilakukan se-objektif mungkin dan transparan.” Tidak ada istilah titip-titipan, kalau tidak mememuhi syarat ya tidak lolos, saya juga sudah sampaikan kepada panitia seleksi agar melakukan penilaian dengan objektif sehingga didapatkan anggota Paskibraka yang benar-benar berkualitas,” tandasnya.

Sementara itu, Brigpol Israk Ismail yang merupakan salah satu pelatih Paskibra mengatakan, bahwa seleksi dilakukan selama dua hari yang nantinya dari ratusan pendaftar hanya 30 siswa yang bakal digembleng untuk mengikuti pradiklat dan diklat.

“Setelah dilakukan tes kesehatan, tinggi badan yang dan tes kemampuan akademik dari 225 yang lolos untuk tahap berikutnya mencapai 86 siswa, rinciannya 31 puteri dan 55 putera. Besok (hari ini 8/3) dilakukan lagi tes kesamaptaan , dari sini menyusut lagi menjadi 30 siswa,” ujar Israk yang diamini Ketua Purna Paskibra Indonesia (PPI) Tanggamus Ryan Sapta.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here