Dandim: Donor Darah, Berbagi Untuk Sesama

324
DONOR DARAH: Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Arh. Anang Hasto Utomo mendonorkan darahnya dalam rangka Baksos memperingati HUT Ke 72 Persit Kartika Candra Kirana, di Aula Jenderal Sudirman, Rabu (7/3). Foto: Hanibal Batman

KOTAAGUNG – Komando Distrik Militer (Kodim) 0424 Tanggamus melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan IVA test, Rabu (7/3) di Aula Jenderal Sudirman makodim setempat. Kegiatan baksos ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke 72 Persit Kartika Candra Kirana.

Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Arh. Anang Hasto Utomo mengatakan, rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Ke-72 Persit Kartika Candra Kirana ini serentak dilakukan oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Darat (AD) di seluruh Indonesia baik itu dijajaran Komando Daerah Militer (Kodam), Komando Resort Militer (Korem) dan Kodim itu sendiri. Dan khusus untuk tiap Kodim kegiatan yang dilaksanakan yakni, donor darah, anjang sana kepada wara/kauri dan veteran serta IVA test.

“Ini sebagai bentuk bakti sosialnya Persit Kartika Chandra Kirana kepada masyarakat, dalam kegiatan ini kita mengundang berbagai pihak dengan harapan dapat mempereat hubungan yang selama ini telah terjalin, baik itu bagi organisasi wanita serta kepada kepolisian, Pemkab Tanggamus, FKPPI serta lainnya dan juga kepada rekan media juga tentunya,”kata Anang.

Masih menurut Dandim, kegiatan sosial ini juga bertujuan untuk memberikan contoh bagi masyarakat serta unsur terkait lainnya, untuk melaksanakan kegiatan yang sama, dengan tujuan untuk memberikan manfaat dan berbagi dengan sesama khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah. Lalu kegiatan lainnya yakni anjangsana kepada wara-kauri dan veteran juga bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi.

“Dengan niat baik serta ikhlas dari kita, yang telah mendonorkan darahnya, mudah-mudahan akan memberikan kebaikan kepada penerimanya, karena berkat darah yang telah di donorkan memberikan kesehatan bagi penerimanya, dan kepada pendonor diberikan amal yang setimpal oleh ALLAH SWT, peserta yang ikut dalam kegiatan ini mencapai 150,”ujarnya.

Sementara itu, Ny. Mayor Inf Toto menyampaikan, kegiatan pemeriksaan IVA test rutin dilaksanakan pada saat memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana, dengan harapan seluruh anggota persit terbebas dari kanker leher rahim. “IVA test rutin dilakukan dengan harapan untuk mendeteksi secara dini kanker leher rahim, khususnya kepada anggota Persit Kartika Candra Kirana,”terangnya.

Sementara itu Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanggamus, EM Winarto mengpresiasi bakti sosial donor darah yang dilaksanakan oleh Kodim 0424 Tanggamus tersebut, ia berharap kegiatan serupa dapat rutin dilaksanakan agar supaya stock darah terpenuhi bagi pasien yang membutuhkan darah.

“Jumlah tim PMI yang terlibat berjumlah sekitar 17 orang, baik dari PMI Tanggamus dan UTD Pembina Provinsi Lampung, dan kita selalu berkoordinasi dengan semua pihak terkait donor darah ini, baik kepada masyarakat dan juga sekolah,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here