Cegah DBD, Warga Diimbau Lakukan PHBS

192

KOTAAGUNGBARAT – Warga yang tinggal diwilayah Kecamatan Kotaagung Barat, Tanggamus, diimbau agar mewaspadai ancaman serangan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, cuaca yang terkadang hujan dan panas seperti ini kasus DBD cenderung meningkat.

“Untuk itu saya imbau agar warga selalu waspada terhadap serangan DBD, salah satunya dengan melakukan Pola Bersih Hidup Sehat (PHBS),” kata Zulyadi, Camat Kotaagung Barat.

Sebenarnya, lanjut dia, segala macam penyakit itu bisa dihindari dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan demikian, segala macam bentuk penyakit yang ada tidak akan menjangkit kita.

“Jangan lupa perhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Karena point utama untuk terhindar dari berbagai macam penyakit adalah kebersihan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selama ini beberapa upaya untuk mencegah terjadinya kasus DBD sudah dilakukan oleh Uspika setempat. Mulai dari melakukan fogging sampai menggiatkan jumat bersih. Namun, Ia menegaskan, agar masyarakat tidak terpaku pada kegiatan Jumat bersih saja. Melainkan, setiap hari juga harus selalu membersihkan lingkungan. Mulailah dari lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Contoh kecilnya, jangan membuang┬ásampah┬ásembarangan, terutama yang dapat menyebabkan genangan air,” ucapnya.

Karena dengan adanya sampah, lanjut dia, potensi menjadi tempat genangan air akan menjadi wadah bagi nyamuk untuk bertelur. Dan berkelanjutan jadi jentik nyamuk, terakhir jadi nyamuk muda. Dengan demikian, maka secara tidak langsung penyebab terjangkitnya penyakit terutama DBD adalah diri sendiri.

Terapkan juga 3M, Menguras bak mandi, karena bak mandi pun rentan akan jentik nyamuk, Mengubur sampah bukan membuang sembarangan, Menutup tempat penampungan air dan tambahan, memantau kebersihan tempat tinggal. Dengan demikian kita bisa terhindar dari wabah penyakit DBD, imbuhnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here