Kakon Imbau Warga Tingkatkan Siskamling

216

PRINGSEWU – Kepala Pekon Gadingrejo Timur Mirad Sepdianto mengimbau warganya untuk lebih meningkatkan kegiatan siskamling. Hal tersebut bertujuan guna menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan serta mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

Mirad Sepdianto mengatakan fungsi dari siskamling sendiri selain menciptakan situasi yang aman terhadap lingkungannya, juga sebagai wahana silaturahim antar anggota masyarakat yang manfaatnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Selain sebagai upaya untuk dapat menangkal dan menanggulangi setiap gangguan kamtibmas, juga dapat memberikan pertolongan dan pemeliharaan keselamatan masyarakat dari segala macam bentuk bahaya yang dapat timbulkan, seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran dan lainnya,” ujar Mirad Sepdianto pada Radar Pringsewu, Senin (5/3) kemarin.

Mirad Sepdianto mengatakan, keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab semua warga. Untuk itu, dia meminta warga untuk menjaga lingkungan dengan ronda bergiliran. ”

“Program ronda di pekon kami sudah berjalan, namun perlu ditingkatkan lagi. Sebab, kondisi keamanan setiap hari harus terjaga,” pungkasnya.

Dia menyatakan, walaupun wilayahnya terbilang aman, ronda menjadi cara mengantisipasi tindak kejahatan. Saat menggelar ronda, banyak hal yang bisa diambil. Mulai dari silaturahmi hingga memunculkan ide membangun pekon.

“Program siskamling melalui ronda malam itu harus terus ditingkatkan setiap hari. Sebab dengan menjaga lingkungan, berarti masyarakat atau warga peduli terhadap lingkungan. Jangan sampai baru kejadian pencurian apapun hal lain, baru kegiatan ronda dijalankan,” pungkasnya.

Disamping itu, dia mengajak kepada seluruh masyarakat, agar selalu tetap guyub, rukun, bersatu agar tercipta kedamaian di pekon, sebab tanpa adanya kebersamaan, semua program yang telah diagendakan pemerintah pekon akan sulit direalisasikan.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here