Pekon Sidoharjo Prioritas Sarana Umum

387
ilustrasi

PRINGSEWU – Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas pembangunan infrastruktur Pekon Sidoharjo Kecamatan Pringsewu pada pembangunan dana desa tahun 2018. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Pekon Sidoharjo Abdul Rahman saat ditemui di balai pekon setempat, kemarin.

Abdul Rahman mengatakan masyarakat Pekon Sidoharjo masih mengharapkan pembangunan infrastruktur untuk meneruskan pembangunan tahun sebelumnya. Masyarakat meminta pemerataan pembangunan di masing-masing dusun sesuai hasil musyawarah rencana pembangunan pekon beberapa waktu yang lalu.

“Adapun pembangunan tersebut meliputi pembangunan talud penahan tanah dan tanah timbun dusun 3, pembangunan paving block dusun 1, pembangunan jembatan dusun 4, pembangunan gedung poskesdes dusun 4, pembangunan drainase dusun 1, 3, dan 4, serta pembangunan pagar pemakaman,” pungkasnya.

Untuk dana desa tahun 2017, Abdul Rahman menjelaskan, tahun lalu mendapatkan bantuan dana desa (DD) sebesar 803 juta. Dan telah dipergunakan untuk pembangunan jalan rabat beton dengan volume 130,73 m3 dusun 2. Talud penahan tanah (TPT) dengan volume 21,09 m3 di dusun 4, jembatan menuju ke makam di dusun 1, dan pembangunan gedung PAUD 1 unit di dusun 2.

Selanjutnya, pembangunan drainase panjang 144,2 m3 di dusun 2 dan 3 dan melanjutkan pembangunan talut penahan tanah (TPT) di dusun 2. Adapun kegiatan pemberdayaan dan pelatihan meliputi, pelatihan kepala pekon dan perangkat, peningkatan kapasitas kader PMD, kelompok perempuan, kelompok tani, guru taman keagamaan dan kelompok pelestari seni dan budaya.

Abdul Rahman menilai adanya bantuan dana desa dapat menunjang kemajuan pekon. Menurutnya, pembangunan fisik yang selama ini diharapkan oleh masyarakat dapat terealisasi dengan adanya bantuan dana desa.

“Dengan adanya DD, seluruh program di desa dapat cepat terealisasi dan berjalan secara terukur, sehingga pemerataan pembangunan terlaksana. Jadi, tidak harus nunggu-nunggu program dari kabupaten, karena memang masih banyak program yang menjadi perhatian pemerintah kabupaten termasuk sektor-sektor lainnya,” pungkas Gusdur sapaan akrab Abdul Rahman.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here