Pekon Sanggi Realisasikan 5 Item Infrastruktur

106

BANDARNEGERISEMUONG – Pemerintah Pekon Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, memanfaatkan dana desa Tahun 2017 untuk merealisasikan lima item pembangunan infrastruktur fisik.

“Dana desa tahun lalu kita manfaatkan untuk lima item pembangunan infrastruktur fisik, yakni rabat beton, jembatan, drainase, Talud Penahan Tanah (TPT) dan sarana air bersih, ” kata Kepala Pekon Sanggi, Khojandar.

Pembangunan tersebut tersebar di enam dusun yang ada di Pekon Sanggi. Yang mana, Khojandar menjelaskan, untuk pembangunan jalan rabat beton dilaksanakan secara merata di enam dusun, dengan total panjang sekitar 1.070 meter.

Kemudian, masih dia, pembangunan drainase dilaksanakan di Dusun I dan II, dengan total panjang sekitar 185 meter. Sedangkan, pembangunan jembatan berukuran 7×4 meter dilaksanakan di Dusun IV.

“Sementara itu untuk pembangunan TPT dilaksanakan di Dusun V dengan total panjang sekitar 31 meter. Dan sarana air bersih di Dusun III, dengan panjang pipa sekitar 1.750 meter, ” ungkapnya.

Ia mengaku, oada tahun lalu Pekon Sanggi mendapat anggaran dana desa berjumlah sekitar Rp 1 miliar lebih. Dana itu digunakan untuk realisasi pembangunan lima item infrastruktur tersebut.

“Untuk pembangunan jalan rabat beton, drainase dan TPT direalisasikan menggunakan dana desa tahap pertama. Sementara, untuk jembatan dan sarana air bersih direalisasikan dengan menggunakan dana desa tahap dua. Saat ini seluruh pembangunan tersebut sudah selesai dikerjakan, ” terangnya.

Dikatakannya, lima item infrastruktur tersebut dipilih berdasarkan hasil musyawarah dengan masyarakat setempat. Yang mana, masyarakat memilih pembangunan tersebut lantaran sangat mendesak dan dibutuhkan. Sehingga pemerintah pekon setempat menjadikannya skala prioritas.

“Dalam pembangunan dana desa ini kita libatkan masyarakat secara langsung, mulai dari perencanaan program hingga pelaksanaan. Diharapkan dengan adanya dana desa ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dipekon setempat, ” harapnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here