Pakai Bibit Hazton, Petani Pringsewu Surplus 1,5 Ton Padi

351
Ilustrasi

PRINGSEWU – Petani di pekon Candiretno Pagelaran kabupaten Pringsewu mampu meningkatkan hasil panen dari 8 ton menjadi 9,5 ton perhektar. Upaya tersebut tak terlepas dari kegigihan kelompok tani Ngudi Makmnur 1 memilih bibit padi Hazton dari PT Indo Acidatama distributor PT Pomal Tani Mandiri.

Ketua kelompok tani Ngudi Makmur 1 Suherman mengatakan terjadi peningkatan produktifitas hasil panen ubinan dari hanya 5-6 kg menjadi 7,9 kg. “Harapan kita program pemerintah dengan menanam padi Hazton produksi dapat berlanjut di musim tanam tiga, tahun ini,,” ungkap Suherman.

Ketua kelompok tani Ngudi Makmur 1 itu memparkan selain peningkatan produktifitas padi jenis Hazton itu juga tahan terhadap serangan hama.

“Keuntungan tak ada serangan penyakit bila diterapkan susai aturan.Produktifitasnya tinggi per hektar 9,7 ton,” jelasnya.

Menanggapinya, Kepala UPT PRoteksi mewakili kadis pertanian Lampung, Ir. Bagiyo Warsito yang hadir bersama sekdis pertanian Pringsewu Jatiwan, kabid TPH Ali, sekcam Pagelaran Surahman, Perwakilan Kormil Pagelaran  Andi  mengatakan pihaknya telah mengusulkan program tersebut sejak 3 tahun lalu. Namun baru sekarang Pringsewu mendapatkan program tanam hazton.

“Program ini hanya sekali di dapat . Progam Hazton bisa meningkatkan produksi namun untuk selanjutnya bisa mandiri,” ungkapnya.

Bagiyo juga mengajak petani untuk tak terlalu mengandalkan bantuan pemerintah. “Jangan selalu andalkan bantuan pemerintah karena sangat terbatas,” ajaknya.

Di lain sisi, Sekertaris Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu Jatiwan mengatakan program padi hazton cukup menggembirakan.

“Terimakasih kita  sudah ditunjuk program padi Hazton  mendukung program swasembada pangan,” ungkapnya.

Lanjut Jatiwan, bila sudah mendapat bantuan tak dapat dua kali. “Petani harus mendiri, karena hasil panen meningkat kedepan dicoba kembali tanam padi ini ,” pesan Jatiwan. (sag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here