Harga Biji Kopi Ditingkat Petani Masih Tinggi

1234
ilustrasi by tempo.co

ULUBELU – Harga biji kopi di tingkat petani Kabupaten Tanggamus saat ini mencapai Rp21.000, per kilogram.” Harganya saat ini cukup tinggi dibandingkan bulan lalu,” kata Ujang, salah seorang petani di Kecamatan Ulubelu.

Ia memperkirakan harga kopi itu masih bertahan menjelang panen raya tiba. Menurut dia, stok biji kopi petani masih relatif cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun luar negeri.

“Stok biji kopi masih cukup banyak untuk memenuhi pembeli, baik untuk dijual di dalam negeri maupun luar negeri,”paparnya.

Apalagi, lanjut dia, panen raya diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan mendatang sehingga stok biji kopi di gudang petani maupun pengekspor melimpah.

Sementara itu, petani kopi lainnya masih mengharapkan harga biji kopi kering di daerah itu di atas Rp20 ribu per kilogram.

“Harga kopi saat ini di tingkat petani di kisaran Rp19 ribu sampai dengan Rp20 ribu per kilogram,” kata Rahman.

Harga kopi di atas Rp20 ribu/kg dengan kondisi ekonomi saat ini, diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, lanjut dia, petani juga dapat menutupi biaya produksi, seperti perawatan tanaman kopi dan pembelian pupuk.

“Masalah petani sekarang kurang ketersediaan pupuk,” pungkasnya.(ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here