KKN Unila Berakhir, Pemkab Ucapkan Terimakasih

447
APRESIASI UNILA: Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin saat menyampaikan sambutan dihadapan mahasiswa dan dosen pembimbing dalam kegiatan temu pamit di Aula Islamic Center Kotaagung. Ia mengucapkan terimakasih kepada semua mahasiswa KKN Unila karena telah membaur dan membantu tugas di pekon selama ini. Foto Diskominfo

KOTAAGUNG – Pemkab Tanggamus memberikan apresiasi kepada seribuan mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang sudah melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Tanggamus. Karena melalui KKN tersebut mahasiswa telah membantu masyarakat melalui ilmu yang didapat dari bangku kuliah.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T saat temu pamit dengan 1.047 Mahasiswa Unila dan Dosen pembimbing di Aula Islamic Center Kotaagung,Kamis (1/3). Menurut Zainal, KKN bagi perguruan tinggi merupakan implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yang mengedepankan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat, sebagaimana ditegaskan pada pasal 20 UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

“Melalui momentum KKN ini diharapkan, mahasiswa mampu memposisikan diri ditengah masyarakat, menjadi agen perubahan dalam proses pengambilan gagasan baru, karena salah satu tujuan diterjunkannya mahasiswa ke lapangan adalah untuk mensinergikan ilmu pengetahuan yang selama ini diterima dibangku kuliah, dengan kehidupan nyata di lingkungan masyarakat,”ujarnya

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua mahasiswa/i KKN Unila karena telah membaur dan membantu tugas di pekon yang sesuai dengan tema” yakni upaya pengentasan kemiskinan dan mengoptimalkan potensi wisata”, dan dalam kurun waktu 40 hari tersebut.

“Mahasiswa/i telah dapat menggali semua potensi yang belum tergali oleh pekon, sehingga dengan harapan apa yang belum diketahui dapat disampaikan oleh mahasiswa, tentunya dengan pengetahuan yang mereka miliki, dan mahasiswa/i diharapkan mampu menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik,”tandasnya

Sementara itu, Koordinator BPKKN UNILA Budi Harjo menyampaikan, pelaksanaan KKN UNILA Periode pertama tahun 2018 yang telah  berlangsung selama 40 hari tersebut diikuti sebanyak 1.047 mahasiswa. Dan tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus, diantaranya Kecamatan Kotaagung Barat, Kotaagung, Kotaagung Timur, Wonosobo, Semaka, Pematangsawa, Talangpadang, Sumberejo, Air Naningan, Pulau Panggung, Ulu Belu, Bulok, Cukuh Balak, Limau, Kelumbayan, dan Kelumbayan Barat.

“Kemudian untuk dosen pembimbing lapangannya ada 16, jadi masing m-masing kecamatan ada dosen pembimbingnya, Mahasiswa KKN untuk periode pertama tahun ini akan fokus melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan dua tema yakni upaya pengentasan kemiskinan dan pengembangan wisata di Tanggamus,”kata Budi Harjo.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tanggamus yang telah bersama-sama bersinergi memaksimalkan semua potensi, seperti diketahui UNILA memiliki potensi sumber daya manusia dan Pemkab Tanggamus memiliki program, tentunya dengan kerjasama yang baik tersebut telah  mampu mengoptimalkan potensi wisata dan upaya pengentasan kemisikinan.

“KKN ini dilakukan setahun dua kali, periode kedua tahun 2018 akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September, atas kerja sama yang baik ini kami ucapkan terima kasih, dan selanjutnya kami dari UNILA sesuai dengan serah terima sampai dengan ramah tamah pada hari ini dari UNILA kepada Pemprov Lampung dan kepada Pemkab, maka selama 40 hari keberadaan mahasiswa KKN telah menjadi bagian dari Pemkab Tanggamus,”ujarnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here