Mahasiswa Unhan Lakukan Riset di Tanggamus Tanggamus Jadi Calon Kawasan Industri Pertahanan

126
BERIKAN CINDERAMATA : Pj Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin,M.T memberikan cinderamata kepada Dekan FTP, Universitas Pertahanan (Unhan) Dr. Romie Oktavianus Bura. B. Eng (Hons) M. RAeS disela-sela penemerimaan Mahasiswa Unhan yang akan melakukan KKDN di Tanggamus. Foto Rio Aldipo

KOTAAGUNG—Sebanyak 41 Mahasiswa dari Fakultas Teknik Pertahanan (FTP) Universitas Pertahanan (Unhan) melakukan kauliah kerja dalam negeri (KKDN) selama tiga hari di Kabupaten Tanggamus. Tujuan KKDN sendiri adalah untuk mengkaji kelayakan Kabupaten Tanggamus untuk dijadikan industri pertahanan.

Kedatangan 41 Mahasiswa Pasca Sarjana Unhan di Bumi Begawi Jejama, Rabu (28/2) tersebut didampingi 22 orang staf pengajar. Rombongan Unhan yang dipimpin Dekan Fakultas Teknik Pertahanan Dr. Romie Oktavianus Bura. B. Eng (Hons) M. RAeS disambut Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M. T beserta jajaran, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Anang Hasto Utomo dan Kepala OPD.

Dekan Fakultas Teknik Pertahanan, Romie Oktavianus Bura mengatakan  tujuan Mahasiswa melakukan KKDN di Tanggamus adalah untuk melakukan penelitian pengembangan BUMN disektor Pertahanan, seperti PT. Pindad, PT. PAL  dan PT. Dirgantara Indonesia (DI).

“Awalnya kami ditugaskan di Jawa Timur, namun kami tiba-tiba diarahkan ke Tanggamus, hal ini tentunya tidak lepas dari rencana pemerintah yang ingin merelokasi industri pertahanan dari Jawa ke Sumatera tepatnya di Provinsi Lampung. Untuk itulah kami akan melakukan kajian dan riset mengenai calon lokasi industri pertahanan, “kata Romie.

Dilanjutkan Romie, bahwa KKDN di Tanggamus dilakukan sampai Jumat (2/3). Dari Fakultas Teknik Pertahanan sendiri ada empat program studi (prodi) yang ditugaskan untuk melakukan kajian dan riset. Yakni  Industri Pertahanan, Teknologi Penginderaan, Teknologi Persenjatanaan dan Teknologi Daya Gerak.

“Nah, ketiga teknologi itu mendukung industri pertahanan yang efesien dan bersaing bagi pertumbuhan ekonomi negara kita. Hasil dari riset kami ini akan dilaporkan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) untuk selanjutnya dikaji mengenai rencana pemindahan industri pertahanan strategis keluar Pulau Jawa, ” pungkas Romie seraya mengatakan bahwa mahasiswa dari Unhan juga akan mengajar di SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Agung.

Sementara itu, Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Unhan yang telah memilih Tanggamus sebagai daerah untuk dilakukan riset.

“Kami ucapkan terimakasih sudah memilih Tanggamus, hasil KKDN ini diharapkan bisa mendukung Tanggamus menjadi salah satu lokasi industri pertahanan terhadap tiga BUMN, itu bisa terwujud apabila adik-adik mahasiswa Unhan mendukung, “ujar Zainal.

Dalam kesempatan tersebut, Zainal berpromosi mengenai banyaknya lokasi wisata di Tanggamus.”
“Silakan nikmati alam Tanggamus, disini banyak potensi wisata, satu minggu juga tidak habis berwisata Tanggamus,  ada Teluk Kiluan, Gigi Hiu yang disebut juga Raja Ampat-nya Sumatera dan masih banyak lagi,”kata Zainal.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here