Dewi: Hasil Survei Jadi Penyemangat Kami

665
HJ.DEWI HANDAJANI

GISTING – Calon bupati Tanggamus Nomor urut 1 Hj. Dewi Handajani mengaku jika hasil survei dari Rakata Institut akan dijadikan cambuk bagi tim relawan untuk bekerja keras demi kemenangan pasangan calon (Paslon) Dewi-Syafii (De-Sa)

Hal tersebut diungkapkan Bunda Dewi sapaan akrabnya saat ditemui usai kampanye tatap muka di Pekon Banjarmanis, Kecamatan Gisting, Rabu (28/2). Menurut dia, hasil survei Rakata Institut mengenai elektabilitas paslon De-Sa yang kalah unggul dengan paslon No 2 Samsul-Nuzul justru dijadikan pemecut semangat bagi relawan dan simpatisan untuk lebih giat lagi, dalam mengkampanyekan paslon nomor urut 1 kepada masyarakat.

“Tidak apa-apa, itu akan jadi bahan evaluasi kita, dan kami juga memiliki tim survey sendiri, yang saat ini sedang melaksanakan tugas proses pensurveyan untuk elektabilitas pasangan nomor 1,”kata Bunda Dewi.

Ia menambahkan, pihaknya selalu mempunyai prinsip terus berjuang untuk kemenangan paslon De-Sa seolah-olah Pilkada akan berlangsung pada esok harinya, selain itu pihaknya selalu memposisikan diri yang paling rendah, hal ini agar supaya tim relawan dan simpatisan tetap terus semangat untuk berjuang, walaupun harapannya menjadi paslon yang unggul dari paslon lain, tetapi dirinya tidak ingin berspekulasi dan beranggapan terlalu dini, yang terpenting saat ini masih banyak yang perlu dikejar dan diperjuangkan untuk kemenangan dalam pilkada 27 Juni mendatang.

“Masih banyak yang perlu kita kejar dan perjuangkan, semangat kami tidak akan melemah, yang terpenting kerja keras, dan ASIK tentunya, hasil survey itu tidak mempengaruhi, justru itu menjadi penyemangat kami,” tegasnya.

Untuk diketahui berdasar hasil survei yang dikeluarkan oleh Lembaga Survey Rakata Institut, elektabilitas paslon Samsul Hadi-Nuzul Irsan unggul atas pasangan Dewi Handajani-AM Syafi’i. Dimana elektabilitas pasangan calon No urut 1, Dewi Hanjani-AM Syafi’i diangka 31,50 persen, sementara paslon no 2 Samsul Hadi-Nuzul Irsan 38,25 persen dengan swing voter 30,25 persen.

“Jika tanpa mengikut sertakan swing voter pasangan Samsul Hadi-Nuzul Irsan unggul 54,84 persen, Dewi Hanjani-Syafi’i 45,16 persen,” kata peneliti Rakata Institut, Busro saat membeberkan rilis hasil survei Rakata Institute, di El’s Coffee Lampung Walk, Bandar Lampung, Selasa (26/2).

Busro, ada beberapa hal yang disurvei yakni potensi partisipasi Pulkada 83,75 persen warga Mengetahui bahwa akan dilaksanakan Pilkada pada 27 Juni mendatang dan 16,25 persen menyatakan tidak tahu.

Sedangkan faktor penentu pilihan yakni kesiapan dipimpin Bupati perempuan dan bukan seseorang yg berasal dari Tanggamus, 58,00 warga bersedia dipimpin perempuan dan 53,50 bersedia bukan putra daerah.

Sementara penilaian kualitas personal calon 51,50 persen warga Tanggamus menginginkan sosok pemimpin jujur dan bebas dari Korupsi dan 30,50 persen inginkan pemimpin yang peduli atau perhatian kepada rakyat.

Menurut Busro, survei dilaksanakan 16-22 Febuari, bertujuan mengetahui elektabilitas dua pasangan calon dan mendapatkan gambaran tentang prilaku pemilih, faktor-faktor berpengaruh dan alasan memilih calon Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Tanggamus.

Jumlah sampel sebanyak 400 responden dengan metode stratufie rondom sampling dan margin of error 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. “Sampel terdiatribusi secara proporsional disetiap kecamatan di Kabupaten Tanggamus,” kata Busro.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here