Cegah Banjir, Warga Dilarang Buang Sampah ke Aliran Sungai

508
ilustrasi

KOTAAGUNGBARAT –  Pemerintah pekon Tanjung Agung, Kecamatan Kotaagung Barat meminta kepada warga agar tidak membuang sampah ke sungai dan drainase. Sebab cuaca yang tidak menentu terkadang panas terkadang hujan bisa menjadi pemicu banjir. Imbauan tersebut disampaikan Kepala Pekon Tanjung Agung, Hayang.

“Saya minta kepada seluruh masyarakat di pekon ini agar tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga saluran air bisa berjalan optimal dan tidak menyebabkan bencana banjir,” terangnya.

Untuk menanggulangi agar tidak terjadinya banjir, ia bersama masyarakat melakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan setempat. Kegiatan itupun menjadi rutinitas masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami disini selalu bergotong royong untuk membersihkan halaman-halaman rumah, selokan dan jalan,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan pada hari Jumat seperti yang biasa disebut kegiatan Jumat bersih. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan suasana lingkungan yang bersih. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memperat rasa kekompakan antar warga.

“Jumat bersih ini kami laksanakan untuk menciptakan lingkungan bersih, yang bebas dari sampah dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor, serta  terhindar dari meluapnya air ke jalan yang di sebabkan oleh sampah yang menyumbat saluran drainase. Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini warga disini semakin kompak,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut untuk menimbulkan semangat jiwa baru pada masyarakat dalam menjaga dan mambersihkan lingkungan,serta sikap bahu membahu. Ia juga mengimbau agar warga tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya selau ingatkan kepada warga agar tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.(ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here