Pekon Bulurejo Siapkan Tiga Item Infrastruktur

79

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Bulurejo Kecamatan Gadingrejo akan memfokuskan tiga item infrastruktur melalui program bantuan dana desa tahun 2018. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pekon Bulurejo Suherman saat ditemui di balai pekon setempat, Senin (26/2).

Suherman mengatakan pada tahun ini Pekon Bulurejo mendapatkan bantuan dana desa sebesar Rp. 991 juta. Sesuai dengan hasil musyawarah rencana pembangunan dengan masyarakat bulan Desember tahun 2017 yang lalu dana desa tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan tersebut meliputi pembangunan saluran drainase jalan Jatiwangi panjang 245 meter, pembangunan saluran drainase jalan Dipo Pawiro panjang 1236 meter, pembangunan rabat beton jalan Nurul Fajri panjang 123 meter, gorong-gorong 10 unit dan sarpras olahraga,” pungkasnya.

Disamping itu Suherman juga menjelaskan terkait dana desa tahun 2017. Dana desa tahun 2017 sebesar Rp. 797 juta dan telah dipergunakan untuk pembangunan saluran drainase jalan Jatiwangi dusun 5 sepanjang 340 meter, saluran drainase jalan Amatirun dusun 4 sepanjang 534 meter dan juga pembangunan gorong-gorong, drainase jalan amat Isbat dusun 3 sepanjang 854 meter, gorong-gorong 4 buah dusun 3 dan tanah timbun dusun 3 dan 4.

“Adapun untuk kegiatan pemberdayaan ada pembinaan kesenian dan sosial budaya masyarakat, pelatihan aparat pekon, pelatihan membantik, pelatihan pembuatan telur asin, pelatihan pembuatan pakan ternak kambing, pelatihan pemuda (karang taruna) dan penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” jelasnya.

Suherman menyatakan dalam proses kegiatan pembangunan melalui dana desa (DD) baik yang sudah berjalan maupun yang akan dilaksanakan akan melibatkan masyarakat setempat.”Sesuai junklak dan junklis penggunaan dana desa (DD) bahwa pembangunan dilakukan secara swakelola. Artinya dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” ucap Suherman.

Suherman mengatakan berkat adanya bantuan dana desa tersebut diharapkan dapat menunjang pembangunan pekon-pekon yang ada di Kabupaten yang berjuluk Bumi Jejama Secancanan ini, khususnya Pekon Bulurejo . Karena menurutnya berkat adanya bantuan dana desa apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat bisa terwujud.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here